Begadang untuk Nonton Piala Dunia 2022, Sehat atau Enggak Sih?

M. Reza Sulaiman
Begadang untuk Nonton Piala Dunia 2022, Sehat atau Enggak Sih?
Penduduk dan pekerja dari Al Ruwais menonton pertandingan sepak bola Grup A Piala Dunia 2022 antara Qatar dan Ekuador di Al Ruwais, dekat Al Shamal, Doha, Qatar, Minggu (20/11/2022). [INA FASSBENDER / AFP]

Demam Piala Dunia 2022 melanda Indonesia membuat pertanyaan tentang begadang kembali ramai. Sehat nggak sih begadang untuk nonton bola dini hari?

Suara.com - Demam Piala Dunia 2022 melanda Indonesia membuat pertanyaan tentang begadang kembali ramai. Sehat nggak sih begadang untuk nonton bola dini hari?

Pertandingan Piala Dunia di Indonesia disiarkan mulai pukul 17.00 WIB alias 5 sore, hingga 02.00 WIB alias dini hari. Selama satu bulan ke depan, begadang pun tidak bisa dihindari penggemar sepakbola.

Pertanyaan tentang sehat atau tidaknya begadang ini disampaikan seorang netizen di media sosial Quora. Ternyata, tidak sedikit loh yang menjawab pertanyaannya.

Ilustrasi Nobar Piala Dunia. (Pinterest)
Ilustrasi begadang nonton Piala Dunia 2022. (Pinterest)

Jawaban teratas datang dari seorang bernama Will McAvoy. Ia mengatakan saat kuliah, begadang adalah hal yang biasa dilakukannya dua kali dalam seminggu untuk belajar dan mengerjakan tugas kuliah.

Baca Juga: 5 Wajah Baru yang Tampil Bersinar Saat Ajang Piala Dunia 2022

Namun ia tidak merekomendasikannya jika dilakukan setiap hari, apalagi selama satu bulan berturut-turut. Sebab kurang tidur akan membuat kondisi kesehatan fisik dan mental menurun.

"Tidak aku rekomendasikan, 5/10. Sangat membebani tubuh," tuturnya.

Sementara itu menurut Michael Cherepanov, tubuh manusia memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa. Seseorang bisa begadang selama satu bulan berturut-turut, tanpa ada efek samping apapun, jika dilakukan dengan latihan dan persiapan terlebih dulu.

"Terutama jika begadang tidak disertai kerja keras di malam hari, misalnya hanya menonton atau menjelajah internet saja," tuturnya.

Bagaimana pendapat pakar kesehatan? dokter sekaligus kreator konten dr. Ema Surya Pertiwi, dalam kanal YouTube-nya, emasuperr menjelaskan bahwa Kebiasaan kurang tidur akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Baca Juga: Ditunjuk Sebagai Pelatih Polandia, Fernando Santos: Suatu Kehormatan untuk Lanjutkan Karier di Sini

Begadang dapat memengaruhi sistem memori seseorang. Kebiasaan satu ini akan membuat seseorang sulit untuk fokus. Pasalnya, saat tidur terdapat sel-sel neuron yang membantu mengingat informasi.