Tetap Bahagia di Usia Setengah Abad

admin | Esti Utami
Tetap Bahagia di Usia Setengah Abad
Ilustrasi sendiri tak berarti tak bahagia (shutterstock)

Anda bisa jatuh cinta sebanyak yang Anda inginkan

Suara.com - Banyak orang mencemoh, jika usia Anda sudah berkepala lima dan masih sendiri. Tapi tak perlu khawatir,  Anda tidak sendiri.  Menurut  Judsen Culbreth, penulis "The Boomers’ Guide to Online Dating,"  16 juta orang yang 'menawarkan diri mereka'  berusia di atas 50 tahun dan masih sendiri.

Dan yang lebih mengejutkan, banyak dari mereka yang merasa lebih berbahagia hidup sendiri, sehingga mereka tak terlalu ingin menikah atau menikah lagi. Kami tidak bisa menyangkal. Tetap sendiri di usia kepala lima sepertinya sebuah dunia yang menantang. Dan alasan mengapa mereka merasa tetap berbahagia ternyata tak mengecewakan. Berikut alasan mereka:

Tak harus menjelaskan apapun kecuali pada diri sendiri. Hidup sendiri, berarti tak ada yang cerewet soal apa yang Anda kerjakan, baju apa yang dikenakan dan ke mana mau pergi.  Anda juga bisa pulang kapanpun Anda mau. Anda bebas sebebas-bebasnya.

Orang akan lebih peduli. Saat Anda masih muda, orang mungkin lebih tak terlalu mempedulikan Anda. Namun kini orang akan merasa perlu menjelaskan jika mereka berhalangan dan tidak bisa memenuhi undangan Anda.

Lebih kuat menghadapi penolakan. Penolakan adalah kenyataan pahityang harus dihadapi, tapi dengan bertambahnya usia orang makin kebal menghadapi penolakan Dan menerimanya ini sebagai kenyataan yang harus dihadapi. Plus, Anda sadar ini juga dialami orang lain.

Tahu kapan mengatakan tidak. Saat masih muda, mungkin kita akan mempertahankan sebuah hubungan karena khawatir akan menyakiti pasangan. Kini mereka lebih yakin saat melepas sesorang, untuk beranjak ke situasi yang lebih baik.

Orang segan mendikte Anda.  Akhirnya orang akan tahu Anda sudah dewasa, dan tak perlu lagi menasehati Anda, dan mendikte untuk melakukan ini-itu. Hidup akan terasa lebih indah jika Anda merasa bebas dari segala 'petuah' orang lain.

Lebih bebas secara finansial.  Anda tak memiliki kewajiban finansial apapun kepada orang lain. Satu-satunya orang yang menjadi harus dipikirkan adalah diri sendiri, sehingga Anda punya kesempatan lebih besar untuk menabung.

Bebas memutuskan sendiri tanpa harus konsultasi dengan orang lain. Rasanya begitu bebas ketika bisa dengan percaya diri membuat pilihan yang tegas terkait masalah penting dalam hidup kita, tanpa tergantung pada pendapat orang lain.

Bisa berlibur ke tempat yang kita impikan.  Ingin pergi ke Cina atau tempat lain yang eksotik, tak ada yang bakal keberatan. Dan yang penting wisata ini akan lebih murah, karena Anda pergi sendiri.

Tak perlu khawatir dengan penampilan. Anda sudah hidup begitu lama untuk menyadari bahwa dunia ini diisi orang yang begitu beragam. Tak semua orang cantik atau tampan. Tak semua memiliki tubuh bagus, jadi Anda bisa menerima Anda sebagaimana adanya.

Lebih mudah mendapatkan teman kencan. Anda memang lebih tua, tetapi juga lebih bijak. Kini, Anda lebih cerdas untuk menentukan pilihan dan tak lagi bersikap harus dapat.

Lebih santai menghadapi perbedaan. Keinginan untuk dituruti tak lagi sekuat dulu, Anda bisa dengan mudah menyerahkan keputusan memilih restoran atau hal-hal kecil lain kepada orang lain . Dan Anda juga tak akan lagi merasa terlalu kecewa jika apa yang Anda temui tak sesuai dengan yang Anda inginkan.

Bisa menemukan cinta yang hebat. Yakinlah, Anda adalah orang paling beruntung. Banyak orang yang jatuh cinta di usia muda, dan tidak merasakan pengalaman itu lagi di sisa hidupnya. Tapi Anda masih bisa merasakan magic itu sebanyak yang Anda inginkan. (huffingtonpost.com)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS