Manfaat Konsumsi Minuman Berkafein Sebelum Olah Raga

Esti Utami, Firsta Nodia

Selasa, 02 Februari 2016 | 07:34 WIB
Manfaat Konsumsi Minuman Berkafein Sebelum Olah Raga
Ilustrasi olahraga. (Shutterstock)

Suara.com - Kandungan kafein dalam kopi kerap dikaitkan dengan sederet kerugian, jika dikonsumsi secara berlebihan. Tapi tahukah Anda jika baru-baru ini para peneliti menemukan manfaat di balik konsumsi kopi sebelum berolahraga?

Ya, peneliti dari University of Kent di Inggris, Samuele Marcora mengatakan bahwa kopi bisa menjadi doping alami yang membuat latihan fisik lebih menyenangkan dan mudah dijalani.

Menurut Marcora, kafein pada kopi dapat mengubah kerja otak untuk menilai seberapa keras tubuh telah bekerja. Ini sebabnya mereka yang mengonsumsi kopi sebelum melakukan aktivitas fisik tak akan terlalu merasa lelah.

Efek yang sama telah diuji coba untuk semua jenis latihan, termasuk latihan daya tahan seperti aerobik, latihan ketahanan tubuh, dan latihan fisik dengan intensitas tinggi.

"Ketika Anda berolahraga, neuron menghasilkan adenosine, zat kimia yang membuat tubuh merasa lelah. Kafein membloknya sehingga energi Anda tak akan terkuras usai berolahraga," ujar Marcora.

Ia juga mendapati respondennya lebih menikmati latihan fisik yang dijalani setelah sebelumnya mengonsumsi kafein terlebih dahulu. Hal ini juga dapat mengubah anggapan sebagian orang yang merasa enggan berolahraga karena tak mau terlalu kecapaian.

"Tapi kita bisa mengatasi hambatan itu dengan mengonsumsi kafein sebelum berolahraga," imbuhnya.

Untuk takarannya, Ia merekomendasikan konsumsi 3 miligram kafein per kilogram berat badan, satu jam sebelum berolahraga. (menshealth.com)

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

3 Face Wash Kafein untuk Pria yang Wajib Kamu Coba, Wajah Segar Seketika

3 Face Wash Kafein untuk Pria yang Wajib Kamu Coba, Wajah Segar Seketika

Your Say | Selasa, 14 April 2026 | 14:45 WIB

Cak Imin Ajak Masyarakat Olahraga Jelang Buka Puasa: Sehat Itu Bikin Umur Panjang dan Lebih Irit

Cak Imin Ajak Masyarakat Olahraga Jelang Buka Puasa: Sehat Itu Bikin Umur Panjang dan Lebih Irit

News | Senin, 09 Maret 2026 | 18:10 WIB

Bolehkah Minum Kopi saat Sahur Puasa Ramadan? Ini Kata Dokter Tirta

Bolehkah Minum Kopi saat Sahur Puasa Ramadan? Ini Kata Dokter Tirta

Lifestyle | Selasa, 24 Februari 2026 | 11:03 WIB

Indonesias Horse Racing (IHR): SARGA.CO Buka Musim Baru dengan Jateng Derby 2026

Indonesias Horse Racing (IHR): SARGA.CO Buka Musim Baru dengan Jateng Derby 2026

Lifestyle | Jum'at, 13 Februari 2026 | 15:00 WIB

Gara-Gara Telat Ngopi, Aku Terjebak Caffeine Withdrawal Syndrome

Gara-Gara Telat Ngopi, Aku Terjebak Caffeine Withdrawal Syndrome

Your Say | Jum'at, 06 Februari 2026 | 16:30 WIB

4 Moisturizer dengan Kandungan Kafein, Bantu Jaga Nutrisi Kulit

4 Moisturizer dengan Kandungan Kafein, Bantu Jaga Nutrisi Kulit

Your Say | Sabtu, 31 Januari 2026 | 15:30 WIB

Bukan Sekadar Kafein, Biji Kopi Arabika Ternyata Mengandung Zat Antidiabetes Alami

Bukan Sekadar Kafein, Biji Kopi Arabika Ternyata Mengandung Zat Antidiabetes Alami

Your Say | Selasa, 27 Januari 2026 | 06:18 WIB

Bukan Cuma Bikin Melek, Ini 6 'Sisi Gelap' Kopi yang Jarang Kamu Sadari

Bukan Cuma Bikin Melek, Ini 6 'Sisi Gelap' Kopi yang Jarang Kamu Sadari

Your Say | Senin, 24 November 2025 | 09:27 WIB

Anak Kopi Wajib Tahu! Berapa Sih Batas Aman 'Nyandu' Kafein Sehari Biar Nggak Berakhir Gemetaran?

Anak Kopi Wajib Tahu! Berapa Sih Batas Aman 'Nyandu' Kafein Sehari Biar Nggak Berakhir Gemetaran?

Your Say | Kamis, 20 November 2025 | 15:13 WIB

5 Eye Cream dengan Kandungan Kafein, Atasi Mata Panda

5 Eye Cream dengan Kandungan Kafein, Atasi Mata Panda

Lifestyle | Kamis, 20 November 2025 | 14:30 WIB

Terkini

Standar Baru Industri Mobil Bekas Focus Motor Hadir di Kawasan Bintaro

Standar Baru Industri Mobil Bekas Focus Motor Hadir di Kawasan Bintaro

Otomotif | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 16:15 WIB

Bukan Honor Nyanyi! Bebizie Terima Aliran Uang Tambang Terkait Kasus Rita Widyasari

Bukan Honor Nyanyi! Bebizie Terima Aliran Uang Tambang Terkait Kasus Rita Widyasari

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 16:04 WIB

Hornet Diminta Dihapus dari App Store dan Play Store, Komdigi Ungkap Masalahnya

Hornet Diminta Dihapus dari App Store dan Play Store, Komdigi Ungkap Masalahnya

Tekno | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 15:59 WIB

Jangan Asal Timpa, Dokter Ungkap Cara Re-apply Saat Pakai Tinted Sunscreen

Jangan Asal Timpa, Dokter Ungkap Cara Re-apply Saat Pakai Tinted Sunscreen

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 15:54 WIB

Menelisik Garam Palungan Desa Les: Saat Warisan Leluhur Bertahan di Tengah Modernisasi

Menelisik Garam Palungan Desa Les: Saat Warisan Leluhur Bertahan di Tengah Modernisasi

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 15:50 WIB

Sinyal HP Tumbang, 200 BTS Rusak: Begini Update Gempa NTT

Sinyal HP Tumbang, 200 BTS Rusak: Begini Update Gempa NTT

Tekno | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 15:42 WIB

Data Sering Nyangkut, DPRD DKI Minta Mekanisme Sanggah Manual untuk Desil Warga

Data Sering Nyangkut, DPRD DKI Minta Mekanisme Sanggah Manual untuk Desil Warga

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 15:40 WIB

Cara Pakai Tinted Sunscreen Yang Benar Ala dr Zie Untuk Samarkan Flek Hitam

Cara Pakai Tinted Sunscreen Yang Benar Ala dr Zie Untuk Samarkan Flek Hitam

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 15:28 WIB

Local Media Community Gandeng Google Dukung Penguatan Ekosistem Media Lokal

Local Media Community Gandeng Google Dukung Penguatan Ekosistem Media Lokal

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 15:27 WIB

Skybar ibis Styles Yogyakarta Kembali Dibuka, Hadirkan Beragam Agenda Rutin

Skybar ibis Styles Yogyakarta Kembali Dibuka, Hadirkan Beragam Agenda Rutin

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 15:26 WIB

×