facebook

Usia 20an Tapi Gairah Sangat Kurang, Apa Penyebabnya?

Esti Utami
Usia 20an Tapi Gairah Sangat Kurang,  Apa Penyebabnya?
Ilustrasi. (shutterstock)

Mungkin Anda belum mengenal diri Anda secara seksual.

Orang bilang, usia 20an adalah masa-masa puncak bagi seseorang terkait dengan gairah seksnya. Namun, tak sedikit orang yang mengaku memiliki gairah yang sangat rendah di usia itu.

Seperti yang dialami seorang laki-laki, sebut saja Adam. Dalam hubungannya, Adam mengaku selalu  menghindari seks. Dan kondisi ini membuatnya tertekan.

Ia pun bertanya-tanya apakah dorongan seks yang rendah ini disebabkan oleh kenikmatan rendah dari hubungan seksual atau kurangnya orgasme? Atau sebaliknya ini merupakan efek samping dari kecemasan yang dia rasakan?

Menjawab pertanyaan ini, Pamela Stephenson Connolly, seorang psikoterapis yang berbasis di AS menduga kecemasan dan kurangnya pengalaman menjadi pemicu kondisi ini. Ia menyarankan Adam untuk memulai proses 'penemuan' seksual.

"Beberapa orang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengetahui bagaimana tubuh mereka bekerja," ujarnya.

Ia menambahkan, kecemasan yang dirasakan Adam membuatnya sulit mencapai relaksasi yang diperlukan untuk menghasilkan sebuah orgasme. Pada gilirannya ini akan menyebabkan Adam mempertanyakan kadar 'kenormalannya'.  Menurut Pamela, pengalaman gagal mencapai orgasme berulang-kali juga bertanggung jawab atas kondisi yang dialami Adam.

"Jadi temukan cara untuk mengurangi kecemasan Anda, seperti olahraga, meditasi dan yoga, dan / atau pengobatan formal. Luangkan waktu Anda untuk belajar siapa Anda secara seksual, dan memahami bahwa Anda tidak perlu 'berlomba' dalam urusan ini," sarannya.

Jika memang Adam belum merasa aman dan nyaman dengan kondisinya tapi tertarik pada seseorang, maka Pamela menyarankan untuk membangun hubungan yang lebih tulus, penuh kasih dan saling percaya.

"Ini adalah langkah pertama yang diperlukan dalam penemuan seksual," pungkasnya. (The Guardian)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS