facebook

Kebanyakan Makan Masakan Lebaran, Ini yang Terjadi di Tubuh Anda

Ardi Mandiri | Rinaldi Aban
Kebanyakan Makan Masakan Lebaran, Ini yang Terjadi di Tubuh Anda
Rendang (Foto: shutterstock)

Ada baiknya Anda mengetahui nilai kalori yang terkandung dalam masakan lebaran.

Suara.com - Ajang lebaran menjadi momen untuk saling maaf memaafkan dengan berkunjung ke rumah sanak saudara atau tetangga terdekat.

Selain itu, hal lain yang sangat identik dengan lebaran adalah menu wajib masakan saat lebaran seperi ketupat, opor, rendang dan masih banyak lagi.

Namun, perlu diketahui jika makanan tersebut bersifat tinggi kalori, lemak dan pastinya dapat menyebabkan kenaikkan berat badan tubuh Anda.

Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui nilai kalori yang terkandung dalam masakan lebaran. Apa saja? berikut ulasannya:

1.Ketupat



Ketupat merupakan makanan yang wajib disantap saat lebaran, ada yang kurang jika lebaran tanpa ketupat. Namun, untuk diketahui ketupat mengandung karbohidrat lebih tinggi dari nasi dan memiliki kalori sebesar 144 kalori per 100 gramnya.

2.Rendang



Menu rendang menjadi menu yang ditunggu saat lebaran. Dalam rendang terkandung santan kelapa, bumbu-bumbu rempah yang kaya. Rendang memiliki 193 kalori per 100 gram. Dengan kadar lemaknya 51 persen dan kolesterolnya 29 mg.

3.Sambal goreng hati



Selain rendang, sambal goreng hati adalah salah satu makanan pendamping yang selalu ada saat Lebaran. Bila Anda mengonsumsinya sebanyak satu porsi atau setara dengan 100 gram, maka akan ada 346 kilo kalori yang masuk ke tubuh Anda.

4. Opor Ayam

Opor ayam jika dimakan dengan ketupat memang terasa nikmat. Tetapi perlu Anda ketahui,di dalam opor ayam terkandung  sebesar  230 kalori.

Nah, kalau sudah tahu, jangan terlalu banyak yah menyantap masakan lebaran.