alexametrics

Perempuan Lebih Suka Lelaki Humoris Ketimbang Lelaki Romantis

Ririn Indriani
Perempuan Lebih Suka Lelaki Humoris Ketimbang Lelaki Romantis
Lelaki humotis diidamkan banyak perempuan untuk dijadikan pasangan atau pendamping hidup. (Shutterstock)

Mengapa perempuan lebih suka lelaki humoris ketimbang lelaki romantis? Survei ini mengungkapkan alasannya.

Suara.com - Sebuah survei yang dilakukan Mens Health pada seribu perempuan dewasa usia 21-50 tahun melaporkan bahwa perempuan  mendambakan bersanding dengan lelaki humoris ketimbang lelaki romantis. Padahal selama ini kebanyakan orang percaya bahwa tipe lelaki ideal dalam bayangan banyak perempuan adalah yang kekar maskulin seperti Jason Momoa, Tom Hardy, atau Chris Evans.

Lelaki bertubuh tinggi besar memang terkesan lebih penyayang, protektif, dan bertanggung jawab, tapi fakta yang ditemukan dalam survei tersebut perempuan ternyata lebih memilih lelaki humoris.

Lantas, mengapa perempuan lebih mendambakan lelaki humoris untuk dijadikan pendamping hidup? Simak temuan sebuah survei yang dikutip dari Hello Sehat.

Perempuan Lebih Suka, dan Mudah Tertawa
Setiap orang bisa dan pasti akan tertawa, setidaknya satu kali dalam hidupnya. Itu karena tertawa adalah refleks suara yang keluar tanpa bisa disadari atau dipaksa, yang menjadi bagian dari insting manusia yang paling primitif.

Baca Juga: Pelaku Ritual Aneh Digerebek Polisi, Ada Bocah dan Anggota TNI

“Ketika tertawa, kita mengekspresikan luapan emosi primitif yang berasal dari dalam tubuh,” ungkap Robert R. Provine, PhD, pakar perilaku neurobiologis asal University of Maryland di Baltimore, dilansir dari WebMD.

Provine juga menemukan bahwa wanita bisa tertawa lebih sering dan lebih mudah daripada pria. Provine kemudian menambahkan, perempuan menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi untuk tertawa ketika merespon humor dan lelucon yang dilontarkan lawan bicaranya.

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Social Neuroscience pada 2013 menunjukan respon otak perempuan dalam menanggapi humor dan lelucon sudah terbentuk sejak masa kanak-kanak.

Setelah mengamati 22 anak perempuan dan laki-laki berusia 6-13 tahun yang diminta menonton video-video lucu, otak anak perempuan menunjukkan aktivitas yang lebih tinggi daripada otak anak laki. Terutama di bagian otak tengah yang bernama amigdala.

Amigdala adalah area otak yang memainkan peran kunci dalam mengolah emosi. Studi tersebut menyimpulkan bahwa anak perempuan merasakan kegembiraan dan menunjukkan respon positif yang lebih kuat terhadap hal-hal yang bersifat humor.

Baca Juga: Dituduh Korupsi, Akhirnya Presiden Afrika Selatan Undur Diri

Ini menunjukan bahwa perempuan memiliki ketertarikan lebih besar dan lebih menghargai humor. Tidak heran jika ketika membicarakan tipe lelaki ideal, tidak sedikit perempuan yang memprioritaskan lelaki humoris ketimbang karakteristik lainnya.