Pakai Kondom Jangan Sampai Terbalik

Vania Rossa
Pakai Kondom Jangan Sampai Terbalik
Ilustrasi kondom. (Shutterstock)

Ada caranya supaya tak lagi terbalik ketika memakai kondom.

Suara.com - Kondom dikenal sebagai salah satu alat kontrasepsi yang tak hanya mencegah kehamilan tetapi juga mencegah penularan penyakit seksual. Tapi satu hal yang perlu Anda ingat, efektivitas kondom sangat bergantung dari cara Anda memakainya.

Penggunaan kondom yang tidak tepat atau bahkan keliru tak hanya akan mengurangi atau bahkan menghilangkan efektivitas kondom, tetapi juga mengurangi sensasi nikmat pada lelaki yang memakainya.

Seperti dilansir dari The Sun, salah satu kesalahan saat memakai kondom adalah memakainya secara terbalik. Kesalahan yang sederhana, sih, tapi cukup sering terjadi di antara para pengguna kondom.

Setiap kondom dirancang untuk digunakan secara benar pada satu sisi saja, dan tidak untuk digunakan bolak-balik. Jika bagian dalam ditempatkan di luar, maka kemungkinan besar kondom tidak akan terasa pas dan fit di penis penggunanya. Akibatnya, kondom menjadi mudah lepas ketika sedang digunakan, dan menjadikannya tak lagi berfungsi secara efektif.

Padahal, tak sulit menentukan sisi yangbenar pada kondom. Anda tinggal melihat posisi gulungannya, mana yang akan meluncur sempurna hingga menyelimuti permukaan penis. Namun menurut Natika Halil, Chief Executive dari lembaga kesehatan seksual FPA, terkadang kita memang tak lagi fokus pada sisi dan arah gulungan yang benar ketika gairah tengah memuncak.

"Sebenarnya ini tak ubahnya seperti memasang lensa kontak pada bola mata. Jika terbalik, Anda tetap bisa melihat selama beberapa menit, tapi selanjutnya, lensa itu tak akan berfungsi sempurna," jelasnya.

Dijelaskan juga bahwa kondom yang dipakai sesuai dengan instruksinya, efektivitasnya bisa mencapai 98 persen. Artinya, hanya akan ada dua wanita yang hamil karena kesalahan kondom, dari 100 kasus. Tapi jika salah dalam penggunaan, efektivitas kondom akan menurun, atau bahkan gagal memberikan fungsi yang seharusnya.
menyediakan fasilitas untuk anak-anak. Ada dua area khusus bagi anak-anak Anda untuk menjajal jenis olahraga ini.

Baca Juga
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS