8 Rahasia Hidup Lebih Bahagia dan Bebas Stres

Angelina Donna
8 Rahasia Hidup Lebih Bahagia dan Bebas Stres
Ilustrasi (shutterstock)

Bila rutinitas sehari-hari membuat Anda jenuh atau stres, cobalah untuk meluangkan sedikit waktu untuk diri sendiri.

Suara.com - Hidup adalah perpaduan antara kebahagiaan dan kesedihan. Seseorang bisa bahagia kalau hidupnya dikelilingi cinta, kasih sayang, keluarga, pekerjaan, dan kesehatan. Seseorang bisa juga larut dalam kesedihan apabila kehilangan lima poin di atas.

Peliknya kehidupan membuat kebahagiaan kini sulit untuk dicapai. Parahnya lagi, banyak orang yang malah jadi stres karena hidupnya yang kacau balau. Padahal, bahagia itu sederhana. Siapa pun bisa hidup lebih bahagia dan bebas stres dengan menjalani rahasia hidup seperti yang dikutip dari Cermati.com berikut ini.

Memberi Ruang untuk Diri Sendiri
Bila rutinitas sehari-hari membuat Anda jenuh atau stres, cobalah untuk meluangkan sedikit waktu untuk diri sendiri. Berliburlah pada akhir pekan untuk bermeditasi supaya pikiran lebih tenang dan rileks. Tidurlah dengan cukup untuk mengembalikan tenaga yang hilang sehingga rutinitas pada esok hari bisa dijalani dengan bahagia.

Jujur Terhadap Diri Sendiri
Ajakan teman untuk pergi nongkrong tidak selalu harus dibalas dengan jawaban “Ya”. Anda bisa menolak ajakan tersebut jika Anda memang tidak bisa ikut. Tidak perlu merasa tidak enak hingga membohongi diri sendiri supaya tidak menyakiti hati teman.

Beritahu alasan yang sebenarnya. Kalau teman marah, itu bukan menjadi urusan Anda. Jangan biarkan orang lain merebut waktu yang sudah Anda persiapkan untuk membahagiakan diri sendiri.

Menjalin Hubungan yang Baik
Banyak orang berkata kalau hidup bersama orang-orang yang dikasihi membuat hidup lebih bahagia. Memang benar. Namun, hidup Anda sebenarnya sudah lengkap sebagai satu pribadi yang utuh. Anda tidak membutuhkan orang lain, tapi Anda perlu menjalin hubungan baik dengan orang lain.

Ibaratkan sebuah lilin dan korek api yang tidak bisa terpisah dari yang lain. Itulah jalinan hidup Anda dengan orang lain. Meskipun sering berseteru akibat perbedaan pendapat, dengan jalinan hubungan yang baik, semua masalah dapat terselesaikan.

Kekurangan yang ada dalam diri Anda dan orang lain dapat dipersatukan karena keduanya dapat menerima segala perbedaan antara yang satu dan yang lain.

Melakukan Aktivitas Positif
Manfaatkan hari weekend atau hari libur untuk melakukan aktivitas positif. Misalnya, mendengarkan musik, membaca novel, menonton, dan berolahraga. Lakukan semua aktivitas yang Anda suka untuk mengembalikan kebahagiaan yang sempat direnggut rutinitas yang melelahkan pada hari kerja.

Berbagi Cerita dengan Orang Lain
Menceritakan masalah kepada orang lain tidak semudah meneguk air putih. Tidak banyak orang yang bisa dipercaya untuk menyimpan rahasia dan mengerti apa yang dirasakan. Daripada stres memikirkan solusi dari permasalahan yang ada, tidak ada salahnya untuk bercerita kepada orang lain.

Berceritalah kepada orang-orang terdekat, misalnya keluarga, sahabat, atau pasangan. Sebab besar kemungkinan mereka akan membantu Anda untuk menyelesaikan masalah sampai tuntas. Mereka juga tidak akan mungkin membongkar rahasia Anda kepada orang di luar sana.

Konsumsi Makanan Enak
Siapa pun pasti senang kalau disuguhi makanan enak, termasuk diri sendiri. Ketika Anda merasa stres dan kehilangan mood untuk beraktivitas, konsumsilah makanan yang Anda sukai. Usahakan konsumsi jenis makanan manis karena kandungan glukosa yang terdapat pada makanan dipercaya mampu mengembalikan mood dengan cepat.

Tersenyum dan Tertawa
Sudah bukan rahasia lagi kalau tersenyum dan tertawa dapat menghilangkan stres. Orang-orang yang suka senyum dan tertawa lebih mampu menjaga kestabilan emosi dan tampak lebih bahagia setiap waktu. Karena senyum dan tawa secara tidak langsung memberikan energi positif dalam diri Anda.

Berani Berubah
Bila Anda belum menemukan kebahagiaan hidup, coba cari tahu masalah seperti apa yang sering kali menghambat kebahagiaan Anda. Setelah itu, perubahi sikap dan tatanan hidup secara menyeluruh. Tinggalkan hal-hal yang membuat hidup Anda tidak sehat.

Keinginan untuk mengubah diri harus berasal dari lubuk hati yang paling dalam. Anda tidak bisa melibatkan orang lain dalam proses perubahan karena Anda lah ujung tombak dari perubahan ini.

 

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Kode Bank Indonesia Terlengkap

Cara Menekan Keinginan Membeli Baju

7 Makanan Khas Korea yang Banyak Digilai di Indonesia

Published by

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Ketika Ahok kesal akibat banyaknya orang yang tak peduli terhadap sesama, inilah yang dikatakannya! .
.
.
Simak berita selanjutnya : www.suara.com .
----
Follow @suaradotcom - Tanpa Suara Beda Artinya
----
.
.
.
#Suaradotcom #hotinfo #Jakarta #hotnews #beritapilihan #beritapopuler #beritaterkini 
#QuotesOfTheDay #basukitjahjapurnama #ahok #kutipanahok

INFOGRAFIS