Alasan Mengapa Wajah Orang Lain Mulus Sementara Anda Berjerawat

Vania Rossa | Risna Halidi
Alasan Mengapa Wajah Orang Lain Mulus Sementara Anda Berjerawat
Jerawat membuat Anda tak nyaman, karena mengganggu penampilan.

Tak perlu iri dengan teman yang diberi anugerah berupa kulit wajah mulus.

Suara.com - Beberapa orang nampak diberi anugerah dengan memiliki kulit wajah mulus dan bersih. Sementara yang lainnya dipenuhi oleh bintik-bintik jerawat dan komedo. Mengapa bisa demikian?

Dilansir dari laman Marieclaire.com, beberapa dokter kulit coba menjabarkan di balik kondisi tersebut.

Hal pertama yang harus diketahui adalah bahwa kondisi setiap kulit manusia itu sama. "Anda harus percaya ini, kulit setiap orang pada dasarnya sama," kata profesor dari Yale, Mona Gohara, M.D.

Fakta lainnya adalah setiap orang memiliki fluktuasi hormonal, produksi minyak, dan bakteri penyebab jerawat yang kemudian menjadi pembeda.

Ada alasan khusus kenapa seseorang mudah berjerawat. Salah satunya adalah genetik yang lebih rentan terhadap kelenjar sebaceous. Kelenjar ini sangat spesifik di tubuh manusia, dan ada yang mudah terangsang namun ada juga yang sebaliknya.

Rangsangan biasanya datang dari hormon, minyak, dan bakteri. "Jadi, sebetulnya setiap orang punya masalah yang sama. Tapi, kondisinya yang berbeda-beda," lanjut Mona.

Hal yang jadi masalah, jerawat biasanya sangat sulit sekali hilang. Untuk masalah ini, seorang dokter kulit dari Birmingham, Julie Harper, M.D., punya jawabannya.

"Ini mungkin klise, tapi begitulah faktanya, genetik. Anda yang mudah berjerawat mungkin bisa jadi karena warisan dari orangtua," kata Julie.

Salah satu obat yang digunakan untuk mengatasi jerawat adalah accutane atau isotretinoin. Ini dianggap sebagai pengobatan paling ampuh dan efektif untuk memberantas kondisi jerawat yang parah.

"Itulah mengapa accutane bekerja sangat baik untuk jerawat. Accutane dapat mengecilkan kelenjar. Pada dasarnya, ini hanya menutup pintu sehingga jerawat tidak lagi keluar," lanjut Mona.

Tentu saja accutane tidak cocok untuk semua orang. Dan kebanyakan orang yang memiliki masalah jerawat ringan dapat dengan mudah mengobati jerawat dengan obat yang dijual bebas di pasaran.

Jadi, sampai dokter berhasil menemukan obat ajaib dengan efek samping nol untuk jerawat, coba ambil napas dalam-dalam dan jangan membenci teman Anda yang nampaknya diberi anugerah berupa kulit wajah sempurna. Tetap berpikir positif agar tubuh tetap sehat secara keseluruhan, ya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS