Ibu Muda Harus Tahu, Ada Loh Komunitas Sharing Ini

Silfa Humairah Utami | Dinda Rachmawati
Ibu Muda Harus Tahu, Ada Loh Komunitas Sharing Ini
Komunitas Nujuhbulan Studio foto bersama. (doc)

Anda calon ibu yang ingin mendapatkan edukasi tentang kehamilan dan proses persalinan, gabung yuk di Komunitas Nujuhbulan Studio.

Suara.com - Edukasi dan informasi yang kurang, kerap membuat perempuan merasa khawatir tentang kehamilan dan proses persalinan mereka. 

Hingga akhirnya perjalanan mereka menjadi seorang ibu, dari masa kehamilan hingga setelah persalinan menjadi masa-masa yang sulit untuk dilewati, dan tak jarang menghasilkan trauma mendalam. 

Hal inilah yang menjadikan Tia Pratignyo akhirnya mendirikan komunitas yang dinamakan Nujuhbulan Studio pada 2015 silam.

Menurut perempuan yang sudah menekuni yoga sejak 2010 ini, komunitas tersebut juga berawal dari kekhawatiran dirinya sendiri terhadap kehamilan dan proses persalinan, saat mengandung buah hatinya yang pertama. 

Kegiatan Komunitas Nujuhbulan Studio. (doc)
Kegiatan Komunitas Nujuhbulan Studio. (doc)

"Awalnya pure dari pengalaman saya pribadi. Jadi waktu saya hamil, saya benar-benar ingin mencari wadah seperti Nujuhbulan Studio, terutama saat anak pertama. Saya ingin cari informasi bagaimana sih sebenarnya proses melahirkan itu, apa yang harus saya lakukan biar melahirkannya enak dan menyenangkan," jelas Tia saat suara.com temui beberapa waktu lalu. 

Tapi sayangnya, lanjut dia, saat itu dia tidak bisa menemukan wadah seperti yang ia cari. Hingga akhirnya dia mencari berbagai informasi dan mengedukasi dirinya sendiri, hingga melewati proses persalinan yang bisa mengubah kehidupannya sepenuhnya. 

Dari sanalah Tia memiliki keinginan untuk bisa lebih banyak lagi membantu ibu hamil agar merasakan pengalaman menyenangkan menjadi seorang ibu seperti dirinya. Meski saat awal mendirikan Nujuhbulan Studio, Tia mengaku bahwa kesadaran ibu hamil untuk memberdayakan dirinya masih cukup rendah, namun ia tak putus asa untuk terus mengedukasi mereka tentang hal tersebut.

"Sekarang akhirnya makin banyak ibu yang mau memberdayakan diri mereka, karena mereka juga ingin lahirannya lebih nyaman dan enak. Membernya sudah sekitar 3000 orang. Tapi, biasanya mereka yang sudah melahirkan akan datang ke Nujuhbulan dengan tujuan dan kelas yang berbeda," tambah Tia.

Kegiatan kelas yoga Komunitas Nujuhbulan studio. (doc)
Kegiatan kelas yoga Komunitas Nujuhbulan studio. (doc)

Saat ini, Nujuhbulan Studio memiliki sederet kelas yang bisa diikuti semua perempuan, baik sendiri maupun bersama pasangannya. Mulai dari mereka yang sedang merencanakan kehamilan, tengah mengandung atau setelah melahirkan. 

Satu kegiatan utama yang diselenggarakan, kata dia ialah Yoga Studio, yang terdiri dari berbagai kelas mulai dari fertility yoga (yoga kesuburan) untuk pasangan yang tengah mencoba untuk hamil, prenatal yoga (yoga kehamilan) untuk mengurangi berbagai keluhan selama kehamilan maupun mempersiapkan persalinan, yoga mom and baby yang cocok dilakukan oleh ibu yang baru saja melahirkan, couple yoga, dan hatayoga (yoga untuk umum). 

Yoga studio yang diselenggarakan di Nujuhbulan Studio, kata Tia biasa diadakan rutin seminggu tiga kali.

Selain itu, adapula kegiatan Childbirth Education Center, yakni pusat edukasi kehamilan dan persalinan, yang terdiri dari kelas edukasi persalinan, kelas menyusui, kelas perawatan bayi, doula (pendamping persalinan), serta home care visit yang dilakukan oleh tenaga profesional dan ahli. 

Kegiatan Komunitas Nujuhbulan Studio. (doc)
Kegiatan Komunitas Nujuhbulan Studio. (doc)

Terakhir ialah kegiatan Women Circle, yang diselenggarakan sebulan sekali. Di mana, kata Tia, kegiatan ini bisa diikuti oleh ibu-ibu setelah melahirkan.

Biasanya mereka akan berbagi cerita tentang kisah persalinan mereka, karena seperti yang diketahui, setelah melahirkan ada perubahan yang dialami seorang perempuan menjadi seorang ibu. 

"Nah perubahan ini memerlukan adapatasi, yang terkadang butuh waktu dan prosesnya. Jadi kita menyediakan wadah agar mereka merasa aman, nyaman, tidak dihakimi dan bisa bercerita bebas. Karena dalam transisi ini, ibu butuh merasa didukung, selain suami dan keluarga, dukungan dari ibu lainnya itu bisa sangat membantu. Jadi dia tidak merasa sendirian," jelasnya. 

Untuk mengikuti ragam kegiatan yang diselenggarakan Nujuhbulan Studio, Anda bisa langsung datang ke Ruko Kebayoran Arcade 2, Blok 1, No. 10, Bintaro, Tangerang Selatan, dengan biaya mulai dari Rp225 ribu.

Kegiatan Komunitas Nujuhbulan juga melibatkan suami untuk berpartisipasi. (doc)
Kegiatan Komunitas Nujuhbulan juga melibatkan suami untuk berpartisipasi. (doc)

Melalui Nujuhbulan Studio, Tia ingin setiap ibu bisa percaya dengan tubuhnya sendiri. Saat mereka percaya dengan tubuhnya sendiri, rasa cemas dan ketakutan akan berkurang. Inilah yang akan membuat ibu memiliki pengalaman yang membahagiakan dalam masa kehamilan hingga setelah mereka melahirkan.

"Sebenarnya wajar saja untuk merasa takut, tapi jangan sampai rasa takut ini menghalangi. Jadi penting untuk mendorong rasa percaya diri ibu dengan menjadi salah satu support systemnya yang menemani mulai dari awal kehamilan sampai perjalanan menjadi seorang ibu. Karena itu, buat kami empowering mothers adalah yang nomor satu," tutup dia.

Jadi kini bagi Ibu muda, bisa mendapatkan edukasi dan informasi dengan bergabung di komunitas Nujuhbulan Studio,sehingga perempuan tidak perlu terlalu khawatir tentang kehamilan dan proses persalinan mereka.  

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS