Menteri Susi Ajak Makan Ikan Lemuru, Intip Kandungan Gizinya

Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
Menteri Susi Ajak Makan Ikan Lemuru, Intip Kandungan Gizinya
Menteri Susi ajak masyarakat makan ikan Lemuru [Instagram @susipudjiastuti]

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti sepertinya tak akan pernah lelah mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk makan ikan.

Suara.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti sepertinya tak akan pernah lelah mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk makan ikan. Mengingat ikan merupakan makanan yang kaya protein dan kandungan gizi luar biasa.

Meski sudah berkalii-kali mengampanyekan aksi makan ikan,Menteri Susi kembali muncul untuk mengajak masyarakat makan ikan yang berasal dari desa di pesisir Pengambangen, Jembrana, Provinsi Bali, yakni ikan lemuru.

Melalui video singkat di akun Instagram-nya Menteri Susi memperlihatkan aksinya sedang menikmati ikan lemuru pada pagi hari. Di sela waktu sarapan Susi membeberkan betapa nikmatnya menyantapi ikan lemuru di Bali dengan kuah sup asam pedas dan di goreng.

Menteri Susi Pudjastuti ajak masyarakat makan ikan Lemuru [instagram @susipudjiastuti]
Menteri Susi ajak masyarakat makan ikan Lemuru [instagram @susipudjiastuti]

"Selamat pagi saya hari ini sarapan dengan ikan lemuru yang saya dapat dari Pengambangen, Jembrana. Saya di Bali dalam acara World Bank, namun hari pertama yang saya kunjungi Pengambangen Jembrana untuk melihat pasar ikan, ikannya banyak sekali, ada tongkol dan lemuru. Harganya juga sudah murah, sampai cuma Rp 9 ribu. Padahal ikannya segar dan luar biasa gizinya,"ungkap Menteri Susi sambil memperlihatkan ikan yang disantapnya.

Menteri yang terkenal dengan jargon "tenggelamkan" ini memaparkan sedikit kandungan ikan lemu dan cara paling baik mengolahnya untuk disantap.

"Ikan lemuru adalah jenis ikan seperti sarden, lemaknya banyak, fetinnya  banyak dan enaknya juga bukan main. Saya sangat suka kalau disup pedas begini, asam asam pedas, digoreng juga enak sekali, tetapi saya cenderung lebih suka yang disup karena lebih sehat.dan ikannya lebih gilik, jadinya muter kaya begini,"lanjutnya.

Dari sedikit manfaat dan kandungan gizi yang diungkap Menteri Susi, ternyata ikan lemuru kaya kandungan omega 3 dan kandungan EPA (eicosa pentaenoic acid) dalam omega 3 yang memiliki fungsi penambah daya tahan tubuh dan memperkuat tulang.

Selain itu, penelitian Suseno tahun 2014, ikan lemuru (sardinellalongiceps) mengandung EPA sebesar 21,77 % dan DHA sebesar 11,59 %. Kelebihan nilai EPA dan DHA mempunyai potensi sebagai obat dan produk kesehatan.

Sebagai informasi tambahan, ikan lemuru merupakan jenis ikan laut dari genus Sardinella, atau yang lebih populer disebut Sarden.

Di dalam ikan Lemuru terkandung vitamin A sebanyak 100 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 0 miligram. Di mana asupan vitamin itu sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menambah stamina.

Tuh, Menteri Susi Pudjiastuti aja sarankan makan ikan lemuru, yuk kita coba!

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS