Usaha Kuliner Manado Ovi Sovianti, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang

Vania Rossa | Firsta Nodia
Usaha Kuliner Manado Ovi Sovianti, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang
Rahang tuna goreng di King Tuna Manado milik Ovi Sovianti. (Suara.com/Firsta Putri Nodia)

Kuliner Manado ini lebih mengusung olahan tuna yang mungkin masih jarang ditemukan di Jakarta.

Suara.com - Aktris sekaligus pedangdut Ovi Sovianti terlihat asyik berada di dapur sebuah gerai makanan bernama King Tuna Manado. Ia tampak serius membantu sang suami, Franky Ilham Roring, menyiapkan sederet kuliner Manado berbahan ikan tuna untuk awak Suara.com.

Ya, sejak menikah dengan Franky Oktober lalu, Ovi juga resmi menjadi pemilik gerai makanan yang berlokasi di Teras Agogo, Jalan Patiunus, Jakarta Selatan. Sang suami sendiri telah mengawali bisnis kuliner ini sejak 2015 lalu.

Pada Suara.com, Franky mengatakan bahwa bisnis kuliner Manado yang diusungnya memang merupakan jenis makanan favoritnya. Dari situlah ia terbersit untuk menjadikannya ladang bisnis yang bertahan hingga sekarang.

Aneka menu di King Tuna Manado milik Ovi Sovianti. (Suara.com/Firsta Putri Nodia)
Aneka menu di King Tuna Manado milik Ovi Sovianti. (Suara.com/Firsta Putri Nodia)

"Kebetulan saya di Manado sudah usaha ini dari 2011 dimulai dari katering. Sampai akhirnya di Jakarta 2015 lalu, saya lihat belum ada kuliner tuna di sini. Saya lihat ini peluang usaha, langsung cari tempat kecil untuk memperkenalkan kuliner khas Manado ini," ujar Franky ketika disambangi di gerai King Tuna Manado baru-baru ini.

Beda dengan gerai makanan Manado lainnya, Franky mengusung olahan tuna yang mungkin masih jarang ditemukan di Jakarta. Salah satu menu yang wajib dijajal pengunjung adalah Rahang Bakar dan Rahang Goreng Tuna.

Kepala ikan tuna yang biasanya dianggap tidak bernilai, namun ketika bagian rahangnya diolah dengan digoreng maupun dibakar, menu ini malah menjadi primadona di rumah makan Manado.

"Di Manado, ini komoditi paling laris. Di sini kita juga pakai tuna yang kualitas ekspor. Jadi kesegarannya dijamin karena bisa memengaruhi rasa," tambah Franky.

Menu dada tuna di King Tuna Manado milik Ovi Sovianti. (Suara.com/Firsta Putri Nodia)
Menu dada tuna di King Tuna Manado milik Ovi Sovianti. (Suara.com/Firsta Putri Nodia)

Tak hanya lezat, Franky juga menjelaskan manfaat konsumsi ikan tuna yang bagus untuk kesehatan. Ia menguraikan bahwa kandungan asam lemak omega 3 pada tuna bisa membantu menurunkan kolesterol sehingga sangat cocok untuk mereka yang sedang berusaha menjalani pola makan sehat. Untuk anak-anak, konsumsi ikan tuna ini juga bisa meningkatkan kemampuan berpikirnya.

"Untuk bumbunya sendiri khas Manado, ada cabai rawit, bawang, serai, kemangi, tomat hijau. Jadi rasanya gurih dan pedas yang segar. Bikin mau nambah terus kalau makan," kata Franky.

Nah, selain Rahang Bakar dan Rahang Goreng Tuna yang jadi andalan, Franky juga memperkenalkan menu lain yang tak kalah nikmat di gerai King Tuna Manado, seperti Cakalang Woku, Cakalang Tore, Dada Tuna, Tuna Woku, dan tak ketinggalan Cah Kangkung sebagai pelengkap.

Suara.com pun berkesempatan menjajal aneka menu andalan yang ditawarkan King Tuna Manado. Menu pertama yang kami jajal adalah Rahang Tuna Goreng. Potongan tomat hijau dan cabai rawit menjadi topping yang meresap hingga ke dalam daging tuna.

Daging ikan tunanya sendiri tersembunyi di sela-sela tulang rahang yang berlapis-lapis. Sensasi ketika mencari daging tuna yang menempel di rahang, lalu mencocolnya dengan irisan cabai, ditambah nasi putih yang mengepul, benar-benar maknyus!

Cakalang tore di King Tuna Manado milik Ovi Sovianti. (Suara.com/Firsta Putri Nodia)
Cakalang tore di King Tuna Manado milik Ovi Sovianti. (Suara.com/Firsta Putri Nodia)

Menu kedua yang kami jajal adalah Cakalang Tore. Franky mengatakan Cakalang Tore diolah dari ikan cakalang yang digoreng kering sehingga rasanya kriuk. Tak lupa diberi bumbu rempah dan cabai untuk sensasi rasa gurih dan pedas.

Kemudian dilanjutkan dengan Tuna Woku. Sebenarnya, tak hanya ikan tuna yang bisa diolah dengan bumbu woku. Ayam dan cakalang juga tersedia dengan olahan woku di King Tuna Manado ini. Aroma Tuna Woku ini sangat khas perpaduan daun pandan, kemangi, serai, jahe, daun jeruk, kunyit, dan cabai. Woku sendiri merupakan bumbu masakan Manado yang terkenal dengan citarasanya yang pedas. Sudah terbayang, kan, bagaimana rasa tuna woku ini?

Tuna woku di King Tuna Manado milik Ovi Sovianti. (Suara.com/Firsta Putri Nodia)
Tuna woku di King Tuna Manado milik Ovi Sovianti. (Suara.com/Firsta Putri Nodia)

Nah, untuk kisaran harganya sendiri, Franky mengatakan bahwa King Tuna Manado menawarkan paket menu yang sudah termasuk sayur dan nasi. Untuk Rahang Tuna Besar, misalnya dibanderol Rp 55.000, Cakalang Tore Rp 30.000, dan Tuna Woku biasa Rp 40.000. Anda juga bisa membeli lauknya saja yang terdiri dari porsi sedang, besar, atau jumbo.

"Dan yang pasti, menu kita semua halal. Jadi tidak perlu ragu untuk mencicipi kuliner Manado di King Tuna Manado ini," tandas Franky.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS