Sederet Tradisi Unik Perayaan Natal di Indonesia

Ade Indra Kusuma
Sederet Tradisi Unik Perayaan Natal di Indonesia
Ilustrasi Natal [shutterstock]

Kalau daerahmu seperti apa dalam merayakan Natal?

Suara.com - Tinggal menghitung hari menyambut perayaan Natal 2018, aneka macam pernak-pernik dan dekorasi khas Natal mulai dapat ditemui di sekitar kita.

Ya, selain pergi ke gereja, perayaan Natal memang biasanya identik dengan tradisi memasang pohon Natal disertai dekorasinya dan memberikan kado pada orang terkasih.

Namun, bukan sekadar itu saja, Indonesia rupanya juga punya sederet tradisi Natal unik yang tak kalah semaraknya dengan perayaan Natal di luar negeri.

Ilustrasi Natal [shutterstock]
Ilustrasi Natal [shutterstock]

Yuk simak apa saja tradisi unik Natal di Indonesia!

1. Kunci Taon

Kunci Taon adalah tradisi yang berasal dari Manado dan berupa parade keliling kampung. Saat tradisi ini berlangsung, warga yang berpartisipasi akan mengenakan kostum unik dan menghibur penonton.

Setelahnya, para warga akan membersihkan area pemakaman dan juga menghiasnya dengan bunga segar menjelang puncak perayaan Natal.

2. Marbinda

Beralih ke Sumatra Utara, terdapat tradisi Marbinda yang bisa dibilang sebelas-dua belas dengan perayaan Idul Adha bagi umat Muslim.

Dalam tradisi ini, warga akan mengumpulkan hewan kurban melalui iuran, memotongnya, dan membagi-bagikan dagingnya pada warga untuk meningkatkan rasa kebersamaan saat Natal.

Apalagi tradisi unik perayaan Natal di Indonesia? Baca artikel selengkapnya di bawah ini.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS