Ingin Padupadan Bir dengan Makanan? Ini Tiga Kuncinya

Ririn Indriani
Ingin Padupadan Bir dengan Makanan? Ini Tiga Kuncinya
Padupadan bir dengan makanan. (Foto: Dok. Bintang Radler Orange)

Ada tiga pedoman yang harus Anda ketahui saat memadupadankan bir dengan makanan agar rasanya makin ajib.

Suara.com - Anda penggemar bir , mesti tahu apa saja kunciannya bila ingin memadupadankan bir dengan makanan .

Bir dikenal sebagai salah satu minuman alkohol yang memiliki karakter rasa pahit yang khas. Meski pahit, bir tetap memiliki banyak penggemar.

Sebagai minuman kala bersantai, bir juga cocok dipadupadankan dengan makanan ringan sampai berat, dari makanan Barat maupun makanan lokal.

Dalam acara bertajuk Radler Finger Food Festival di Gandaria City Mall, chef sekaligus influencer, Chef Martin Praja menjelaskan mengenai tiga pedoman sederhana saat padupadan makanan dengan bir.

"Ketika memadukan bir dan makanan, ada istilah menarik yaitu 3C: cut, complement, dan contrast," katanya.

Ia menambahkan, karbonasi, alkohol, dan hops dalam bir memiliki kemampuan cut atau memotong rasa dan tekstur di lidah yang dapat memberi kesan dalam setiap gigitan.

Sementara complement, menambah cita rasa makanan yang memiliki rasa dan karakter yang hampir sama.

Terakhir contras, berarti memadukan bir dan makanan yang memiliki selera dan karakter berbeda, namun saat digabungkan akan menciptakan cita rasa baru yang unik.

"Ketika eksplorasi rasa, jangan takut untuk bereksperimen, karena mungkin kita dapat menemukan kombinasi rasa baru dan unik yang tak terduga," kata Martin lagi.

Pada acara tersebut, Chef Martin Praja mencoba menggabungkan steak dengan Bintang Radler Orange.

Steak yang pada dasarnya memiliki bumbu kuat, berlemak, dan kaya akan rasa, akan saling melengkapi dengan Bintang Radler Orange yang memiliki rasa agak manis, crisp, dan segar.

Dalam acara tersebut, Chef Martin Praja juga menjelaskan bahwa ada lima jenis hidangan lain yang disajikan mulai dari American cheese, dark chocolate, prawn sandwich, beef rice bowl, dan bakmi.

Anda yang tertarik mengunjungi Radler Finger Food Festival, hari ini, Minggu (16/12/2018) merupakan hari terakhir, jadi segera kunjungi festivalnya yang digelar di area Parkir Premium Gandaria City Mall.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS