Benarkah Hobi Nonton Drama Romantis Bisa Picu Depresi?

Silfa Humairah Utami
Benarkah Hobi Nonton Drama Romantis Bisa Picu Depresi?
Ilustrasi nonton film drama romantis. (Shutterstock)

Katanya nonton film drama romantis bisa buat depresi, kok bisa?

Suara.com - Penggemar tayangan film drama romantis tidak pernah kehilangan peminat, kaum hawa khususnya tidak pernah lepas membicara film drama romantis terbaru dari berbagai negara tentunya.

Film drama romantis menjadi film yang paling sering membuat perempuan terbawa suasana, tapi tahukah kamu hobi menonton drama romantis disebut bisa menjadi pemicu depresi apabila dilakukan terlalu sering.

Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dalam Journal Mass Communication and Society menjelaskan kebiasaan menonton drama romantis bisa memengaruhi kesehatan mental.

Post Binge Watch Depression (PBWD) merupakan istilah untuk mereka yang mengalami gangguan mental akibat terlalu larut dalam drama yang ditonton.

Kebiasaan menonton drama bahkan dapat merusak hubungan seseorang di dunia nyata. Alasannya simpel, mereka tanpa sadar sering membandingkan kehidupan nyata dengan yang ada di drama.

Seorang Life Counselor bernama Ann Rice mengatakan, tayangan drama romantis pada dasarkan hanya menipu penonton. Secara tidak langsung, skenario memang dibuat untuk memanipulasi setiap orang yang menontonnya.

Drama kebanyakan menggambarkan kehidupan sempurna yang sebenarnya tidak ada. Itu mirip dengan media sosial yang menjadi ajang untuk tampil sempurna.

Itulah yang kemudian dikhawatirkan dapat menjadi pemicu depresi. Pada akhirnya, orang akan sangat kecewa ketika tidak bisa mendapatkan kehidupan yang seindah dalam drama.

Ann Rice kemudian menyatakan jika menonton drama sebenarnya sah-sah saja. Drama romantis juga bisa menghilangkan rasa lelah dan menghibur setelah seharian bekerja.

Namun, jangan sampai kamu menghabiskan semua waktumu dengan kegiatan itu. Tonton program-program lain juga seperti gaya hidup sehat.

Karena tidak sedikit kaum hawa yang ketagihan menonton film drama romantis secara estafet sehingga melupakan kegiatan internal atau dunia sosialnya jadi sesekali kamu juga mesti bergerak, berdiri, atau berjalan-jalan di sela sesi menonton drama.

Intinya, jangan lupa untuk tetap menerapkan gaya hidup sehat dan melakukan kegiatan bersama orang-orang sekitar saat sudah terlalu lama menonton film drama romantis.

Sumber: DewiKu

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS