alexametrics

Bukan Kamar Mandi, Ternyata Ini Ruangan di Rumah yang Penuh dengan Kuman

Ade Indra Kusuma
Bukan Kamar Mandi, Ternyata Ini Ruangan di Rumah yang Penuh dengan Kuman
Ilustrasi kamar mandi [shutterstock]

Ruangan penuh kuman ternyata tempat yang selalu Anda harapkan untuk selalu bersih

Suara.com - Tahukah Anda, ruangan yang paling kotor ternyata bukanlah kamar mandi? Ruangan di rumah yang ternyata penuh kuman adalah tempat yang selalu Anda harapkan untuk selalu menjadi bersih, Ya, jawabannya adalah dapur.

Philip Tierno, ahli mikrobiologi dari Fakultas Kedokteran Universitas New York menjelaskan bahwa makanan adalah zat yang paling busuk. Bakteri pada unggas mentah dan daging merah sejauh ini merupakan hal terburuk di untuk menempel pada setiap piring dan tempat cuci piring. Bakteri ini kerap bersembunyi di sudut dapur Anda usai Anda memegang daging tersebut.

"Anda memiliki saluran pembuangan yang ada di sana, pegangan lemari es, pisau, dan peralatan yang semuanya terkontaminasi silang," kata Tierno seperti melansir Bussinesinsider.

Menurut Tierno, objek atau benda spesifik yang paling kotor dari dapur adalah spons cuci piring.

Baca Juga: BMKG Pasang Alat Sensor Dekat Gunung Anak Krakatau

"Itu sangat kotor," kata Tierno.

"Terutama karena Anda membersihkan sayuran, daging mentah di tempat cuci piring, dan segala macam makanan yang berpotensi mengandung bakteri [penyebab penyakit] patogen yang akan bertambah banyak seiring waktu, bekas piring kotor penuh lemak, wajan, semua dicuci dengan spons dan berulang terus, " lanjutnya.

Tierno menjelaskan bawha makanan mengandung semua jenis bakteri jahat, termasuk campylobacter, salmonella, staphylococcus, E. coli, dan listeria - yang semuanya dapat menyebabkan infeksi usus dan infeksi kulit yang ringan hingga parah.

Kebanyakan orang tidak menyadarinya, tetapi ada cara yang benar untuk membersihkan spons Anda.

"Anda harus merendamnya dalam lcairan pemutih setelah setiap kali digunakan. Ini membunuh semua kuman pada spons, dan menyisakan sedikit ruang untuk kontaminasi silang," bebernya.

Baca Juga: Tim SAR Evakuasi 15 Jenazah Korban Longsor Cisolok Sukabumi

Selain itu, hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan dapur adalah mempraktikkan kebersihan persiapan makanan yang baik.