Ini Manfaat Kacang Almond bagi Pengidap Diabetes

Silfa Humairah Utami
Ini Manfaat Kacang Almond bagi Pengidap Diabetes
Ilustrasi kacang almond baik untuk pengidap diabetes. (Shutterstock)

Apa manfaat mengonsumsi kacang almond bagi pengidap diabetes?

Suara.com - Memilih makanan setiap kali mau makan adalah bagian paling sulit bagi pengidap diabetes, sehingga mencari penawar atau makanan yang memberikan manfaat cukup diburu, dan kacang almond menjadi satu yang sangat bermanfaat lho untuk diabetes.

Ya, meski berukuran kecil, tapi ada segudang manfaat kacang almond yang tidak perlu diragukan lagi, terutama bagi Anda yang punya diabetes.

Kacang almond masuk ke dalam salah satu daftar kacang sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Bukan tanpa alasan, kacang almond mengandung karbohidrat yang rendah, tinggi protein, serat, serta lemak sehat sehingga bisa membuat kenyang lebih lama dilansir Hello Sehat.

Kacang almond juga padat akan berbagai vitamin dan mineral yang dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh. Semua hal inilah yang membuat manfaat kacang almond tidak perlu diragukan lagi untuk para diabetesi.

Peggy O’Shea-Kochenbach, MBA, RDN, LDN, seorang ahli gizi di Boston, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa kacang almond adalah salah satu sumber makanan yang rendah karbohidrat. Jadi, makan kacang almond tidak akan membuat gula darah para diabetesi melonjak.

Turut mendukung hal ini, sebuah penelitian di tahun 2011 yang dimuat dalam jurnal Metabolism Clinical and Experimental, menemukan bahwa nyatanya mengonsumsi sekitar 2 ons kacang almond bisa menurunkan kadar insulin sekaligus gula darah di dalam tubuh.

Peran kacang almond ternyata juga bisa membantu menurunkan kemungkinan terjadinya penyakit jantung. Ini karena kacang almond merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi jantung. Hal ini terbukti dengan adanya 9 gram lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam 1 ons kacang almond.

Tidak berhenti sampai di situ, manfaat kacang almond lainnya juga kaya dengan vitamin E, kalium, serta magnesium yang bisa membantu melancarkan aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke seluruh tubuh; menjaga tekanan darah tetap normal; mengontrol kadar gula darah; hingga menunjang kerja sistem saraf dan otot-otot tubuh.

Berapa banyak kacang almond yang boleh dikonsumsi?

Meski terbilang sehat dan punya manfaat baik, tapi konsumsi kacang almond tetap harus dibatasi dan tidak boleh berlebihan. Anda hanya boleh makan kacang almond sekitar 28 gram per hari, atau setara dengan seperempat cangkir.

Perhatikan kandungan nutrisi dalam olahan kacang almond

Jika Anda membeli produk olahan kacang almond, penting untuk memerhatikan dengan seksama apa saja komposisi bahan yang terkandung di dalamnya. Hindari produk olahan yang terlalu banyak mengandung gula, cokelat, madu, natrium, serta perasa yang tidak dianjurkan bagi para pengidap diabetes.

Sebagai gantinya, Anda bisa membuat makanan sendiri dari olahan kacang almond sesuai selera. Entah itu salad buah yang dicampur kacang almond, setangkup roti sandwich dengan potongan kacang almond, puding dari kacang almond, maupun pasta dengan irisan kacang almond, dan lain sebagainya.

Jadi konsumsi makanan olahan kacang almond sangat menyehatkan bagi pengidap diabetes. 

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS