Ajarkan Agama Lewat Cara Unik, Pendeta Ini Tuai Pro Kontra

Ade Indra Kusuma | Risna Halidi
Ajarkan Agama Lewat Cara Unik, Pendeta Ini Tuai Pro Kontra
Ilustrasi pendeta [shutterstock]

Pendeta ini mencari cara berbeda untuk mengajak para pemuda lebih mendekati Tuhan

Suara.com - Seorang pendeta asal Jerman mengklaim telah menemukan cara efektif untuk menarik laki-laki agar lebih saleh, yaitu dengan sebuah wiski.

Dia adalah Thomas Eschenbacher, pendeta berusia 53 tahun dari Hammelburg, Bavaria.

Ia mengaku sudah lama mencari cara untuk mendekati para pemuda dan berbicara kepada mereka tentang Tuhan dan iman. 

Karena mengenalkan Tuhan bukan hal yang mudah terutama di zaman sekarang, maka Eschenbacher memutar otak dan berpikir kalau wiski mungkin dapat menjadi solusi.

Dia merasa betapa mudahnya memulai percakapan tentang wiski. Karena hal itu juga, ia membuat agenda bertajuk "whisky retreat".

"Acara membaca Alkitab tidak berhasil, tetapi dengan wiski saya dapat menjangkau para lelaki, itu adalah topik yang menarik bagi mereka," kata Thomas Eschenbacher kepada German Press Agency, seperti dikutip Odditycentral.

Lima wiski berbeda akan disajikan selama acara, empat dari Skotlandia dan satu dari Bavarian.

Empat wiski di antaranya akan dibahas oleh para peserta dan satu wiski akan dinikmati dalam diam selama acara yang berlangsung tiga jam. Thomas Eschenbacher juga mengatakan bahwa ia tidak akan mencoba memaksa Iman kepada para peserta.

"Saya tidak akan mendorong Alkitab ke tangan siapa pun dan hanya mengatakan, baca ini, maka Anda akan memahaminya," kata pendeta aliran Franconia itu.

Dan meski cara Thomas Eschenbacher telah dipuji oleh Gereja karena dianggap cerdik untuk membuat orang lebih dekat dengan Tuhan, namun dilain pihak, menyertakan wiski sebagai pendekatan juga menuai beberapa kritik.

"Cara ini tidak mencerminkan Gereja," kata juru bicara, Magnus Lux. 

Meski begitu, ia menambahkan, "Gagasan itu muncul karena wiski umumnya menjadi topik para lelaki, jadi itu adalah kesempatan bagus untuk secara sengaja membuat penawaran spiritual hanya untuk laki-laki," pungkas sang pendeta.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS