8 Kota Ini Rayakan Tahun Baru Imlek dengan Meriah

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
8 Kota Ini Rayakan Tahun Baru Imlek dengan Meriah
Perayaan Tahun Baru Imlek di Hong Kong. (Shutterstock)

Mau menghabiskan liburan tahun baru Imlek di 8 kota ini?

Suara.com - Tahun baru Imlek dirayakan dengan meriah di negara-negara tertentu. Anda bisa ikut merasakan kemeriahannya, lho. Di 8 kota berikut, Anda bisa ikut merayakan kedatangan tahun babi dengan gaya lokal sejati, mulai dari keindahan budaya dan pemandangan, nuansa merah yang menghiasi seluruh penjuru kota, hingga selera Asia yang dapat memanjakan lidah Anda. Ini dia 8 kota paling meriah jelang Imlek, seperti dilansir dari The Independent.

1. Hong Kong
Kegembiraan Imlek sudah mulai terasa beberapa minggu sebelumnya. Dan saat Imlek, Anda akan melihat perayaan yang sebenarnya, yakni ledakan kembang api berwarna-warni. The Peninsula Hong Kong adalah salah satu hotel tertinggi di mana Anda bisa melihat tarian singa, tradisi tahun baru yang tak boleh dilewatkan. Di sini, masyarakat Hong Kong akan merayakan Imlek secara tradisional pada hari pertama tahun baru lunar, tetapi kemeriahannya masih terasa sepanjang dua minggu.

2. Taiwan
Taiwan adalah tujuan utama banyak turis saat tahun baru Imlek . Anda bisa merasakan makanan jalanan atau jajanan kaki limanya juga terkenal. Salah satu pemandangan yang tak boleh terlewat adalah festival lentera nasional. Pada acara ini, ada lebih dari 200.000 lentera kertas memenuhi langit. Tempat-tempat populer untuk melihatnya termasuk New Taipei City’s Pingxi Township, atau kota Kaohsiung di sepanjang Love River.

3. Shanghai
Sebelum mengunjungi kota ini, ada yang harus Anda ingat, bahwa migrasi yang dilakukan jutaan orang masyarakat China, membuat banyak restoran dan bisnis lain tutup selama periode liburan Tahun Baru Imlek. Tapi saat perayaan ini, Anda bisa melihat pekan raya kuil dan festival lentera yang menjadi daya tarik besar di sini.

4. Bangkok
Bangkok adalah destinasi liburan yang umum, tetapi Tahun Baru Imlek membuatnya semakin menarik. Distrik Yaowaraj adalah Chinatown di ibu kota Thailand yang dipenuhi restoran, perhiasan, toko kain, dan pasar. Kawasan ini menjadi lebih hidup selama festival berlangsung. Pada Malam Tahun Baru, legenda Chna menceritakan tentang binatang buas Nien yang akan datang untuk menghancurkan rumah orang. Untuk memastikan ini tidak terjadi, orang-orang akan menyalakan petasan, berpakaian merah, dan meninggalkan makanan untuk menakut-nakuti atau menenangkan monster.

5. Changsa
Changsha di Provinsi Hunan, China, termasuk kota besar yang dinamis. Di sini Anda bisa menonton kembang api di Hotel Niccolo. Properti mewah ini terletak di atas gedung tertinggi ke-11 di dunia, membuat pemandangan kembang api semakin indah. Setelah menyantap hidangan keberuntungan tradisional di restoran Niccolo Kitchen, jangan lupa menonton Spring Festival Gala di stasiun televisi China Central Television. Ini adalah siaran TV yang paling banyak ditonton di dunia. Tahun lalu, pertunjukan selama empat jam ini ditonton hingga satu miliar orang.

6. Macau
Jika Anda ingin melihat perayaan datangnya tahun babi di sini, tinggallah di antara tanggal 7 dan 10 Februari. Anda bisa melihat kendaraan hias yang dihiasi dengan aneka lampu. Kemudian, ada juga pertunjukan kembang api menerangi langit di atas Sai Van Lake Square dan Menara Macau. Jang lupa berkunjung ke pasar bunga Tahun Baru Imlek yang berlangsung dari 28 Januari hingga 5 Februari, dan belilah bunga keberuntungan yang jadi simbol Anda.

7. Kuala Lumpur
Pangsit dan ikan mas Cina adalah dua jenis makanan keberuntungan yang konon disebut-sebut dapat membawa kekayaan. Salah satunya adalah Yee Sang, hidangan tradisional yang populer di Kuala Lumpur ini berisi ikan mentah dengan campuran sayuran parut dan saus, layaknya salad.

8. Sydney
Festival Lunar Sydney, sebuah festival seni yang mengesankan, menawarkan hiburan, pameran, pasar, pertunjukan, dan tur, yang sebagian besar gratis dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek di negara Australia. Jangan lewatkan balapan perahu naga dengan latar belakang Darling Harbour di kota ini. Pemandangan lain yang tidak boleh dilewatkan tahun ini adalah patung tiga dimensi yang membentuk siluet babi dan akan menempati Opera House yang terkenal.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS