Tersandung Skandal Biaya Buruh Rendah, Nama Spice Girls Terancam

Rima Sekarani Imamun Nissa
Tersandung Skandal Biaya Buruh Rendah, Nama Spice Girls Terancam
Spice Girls Luncurkan Lini Fashion Edisi Terbatas. (Represent)

Bermula dari program kaos amal 'Gender Justice'.

Suara.com - Girlband yang sempat hits di era 90an, Spice Girls segera comeback pada Mei mendatang. Berbagai persiapan sudah dilakukan untuk menyambut hari yang ditunggu-tunggu, termasuk membuat program amal ' Gender Justice ' yang bekerjasama dengan organisasi sosial Comic Relief .

Cara kerja kampanye 'Gender Justcie' ini lumayan sederhana. Pihak Spice Girls akan menjual merchandise berupa kaos bertuliskan # IWannaBeASpiceGirl dan sebagian keuntungannya disumbangkan kepada Comic Relief.

Awalnya, semua berjalan lancar. Namun, belakangan ini mencuat berita jika buruh yang bekerja di konveksi pembuatan kaos ini dibayar rendah.

Dilansir dari The Guardian, buruh yang bekerja di konveksi ini hanya dibayar sekitar Rp 5.000 per jam. Padahal dalam satu harinya, buruh perempuan ini bisa bekerja hingga 16 jam sehari. Jika gagal memenuhi target, buruh ini akan menerima perlakuan kasar dari mandornya, berupa makian bernada seksis.

Sweatshirt Spice Girls Edisi Terbatas. (Represent)
Sweatshirt Spice Girls Edisi Terbatas. (Represent)

Pembuatan kaos amal yang dipusatkan di Bangladesh ini dibenarkan oleh salah satu narasumber yang identitasnya disembunyikan The Guardian. Media ini menuliskan jika beban pekerjaan dan bayaran yang diterima sungguh tidak layak.

Pihak Spice Girls sendiri mengaku geram dengan skandal ini. Tim Spice Girls kabarnya segera melakukan investigasi terhadap pabrik Interstoff Apparels, konveksi yang menangani pembuatan kaos amal Spice Girls.

Selama ini, Bangladesh memang terkenal sebagai negara konveksi yang menyuplai beragam busana untuk brand papan atas dunia. Sayangnya kesejahteraan buruh di sana sering diabaikan.

Soal program amal itu sendiri, pihak Comic Relief mengaku belum menerima uang yang seharusnya menjadi bagian dari keuntungan amal. Awalnya, Comic Relief dijanjikan menerima Rp 165 ribu dari setiap kaos seharga Rp 357 ribu yang berhasil terjual. (Rima Suliastini)

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS