Mau Cepat Hamil? 5 Olahraga Ini Mampu Meningkatkan Kesuburan

Vania Rossa
Mau Cepat Hamil? 5 Olahraga Ini Mampu Meningkatkan Kesuburan
Ilustrasi jalan kaki, salah satu olahraga yang bisa membantu meningkatkan kesuburan perempuan. (Shutterstock)

Tak hanya meningkatkan kebugaran, olahraga termyata juga bisa membantu kondisi tubuh untuk siap hamil.

Suara.com - Mau Cepat Hamil, 5 Olahraga Ini Mampu Meningkatkan Kesuburan.

Olahraga yang tepat ketika Anda dan pasangan sedang merencanakan kehamilan, ternyata bisa meningkatkan peluang kehamilan pada pasangan yang memiliki masalah kesuburan. Ya, karena faktanya, masalah kesuburan tak sekadar faktor hormonal belaka, tapi juga menyangkut urusan gaya hidup.

Nah, jika Anda dan pasangan selama ini jarang olahraga, inilah saatnya untuk memulai. Dan, seperti dilansir dari laman Hellosehat, Anda bisa memulainya dengan jenis olahraga yang mudah dan ringan. Inilah 7 jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesuburan.

1. Jalan kaki
Jalan kaki adalah olahraga paling mudah dan sederhana untuk meningkatkan kebugaran. Saking mudahnya, jalan kaki bisa dilakukan kapan pun dan sesering Anda mau. Dikutip dari laman Fitness Magazine, jalan kaki yang dilakukan secara rutin, setidaknya 30 menit setiap hari, akan membantu memperbaiki metabolisme dan sirkulasi darah, serta meningkatkan produksi hormon yang membantu pertumbuhan sel telur.

2. Pilates
Pilates merupakan latihan yang fokus membangun fleksibilitas, kekuatan, dan ketahanan tubuh. Latihan ini berperan besar dalam mempersiapkan fisik perempuan sebelum hamil. Olahraga pilates juga memberikan pengaruh positif pada pikiran, sehingga Anda dan pasangan akan merasa rileks dan jauh dari stres, yang merupakan salah satu faktor pemicu infertilitas. Dan satu lagi, pilates akan menguatkan otot panggul, sehingga kemampuan seksual meningkat.

3. Yoga
Banyak yang tidak menyadari bahwa stres merupakan penyebab paling umum yang bisa menghambat kesuburan, karena stres akan memengaruhi ketidakseimbangan hormon dan berisiko mengundang berbagai macam penyakit. Hamil, selain memerlukan kesiapan fisik, juga membutuhkan kesehatan mental,.

Yoga yang merupakan olahraga mind, body, and soul, menggabungkan gerakan tubuh, fokus mental, dan kontrol pernapasan untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan, fleksibilitas, dan kesehatan secara keseluruhan. Itu sebabnya, seperti dikutip dari Ayahbunda, selain membantu meredakan stres, pose-pose yoga juga dapat membantu mempercepat proses konsepsi dengan meningkatkan aliran darah di area panggul, merangsang kelenjar penghasil hormon kesuburan, dan melepaskan ketegangan otot.

4. Berenang
Berenang merupakan salah satu latihan kardio yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran dan mempertahankan berat badan ideal. Olahraga ini cocok dilakukan jika Anda atau pasangan memiliki masalah kesuburan yang dipengaruhi oleh berat badan. Dan, berenang termasuk latihan kardio berintensitas sedang yang memang disarankan untuk Anda yang sedang mengupayakan kehamilan. Latihan kardio intensitas tinggi justru akan menguras tenaga yang membuat tubuh jadi terlalu stres dan menghambat proses pembuahan.

5. Zumba
Zumba adalah tarian kebugaran dengan gerakan atraktif dapat meningkatkan produksi endorfin, hormon di dalam tubuh yang meningkatkan rasa bahagia. Dengan begitu, dapat membantu meringankan stres yang Anda rasakan. Stres sendiri merupakan salah satu pemicu infertilitas.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS