5 Alasan Jangan Terlalu Baik, Nanti Dimanfaatin Lho

Silfa Humairah Utami
5 Alasan Jangan Terlalu Baik, Nanti Dimanfaatin Lho
Ilustrasi dimanfaatin karena terlalu baik. (Shutterstock)

Apa yang biasanya terjadi jika kamu terlalu baik?

Suara.com - Pentingnya menjadi diri sendiri dan bertumpu pada kebahagian sendiri menjadi point penting dalam hidup. Namun, sering kali seseorang lebih mendengarkan orang lain dan meletakkan kebahagiannya sesuai keinginan orang. Hal ini sering terjadi atau dirasakan pada orang yang "terlalu baik".

Tak menyangka juga jika sikap terlalu baik bisa mendatangkan hal-hal buruk untuk diri sendiri. Dikutip dari DewiKu, di bawah ini adalah alasan kenapa jangan "terlalu baik" sama orang. Yuk, simak alasannya.

1. Tak bisa menjadi diri sendiri

Jika terlalu baik sama orang lain, apalagi perihal selalu mengikuti kata teman-teman, tentu kamu akan dipandang bahwa tak punya pilihan lain.

Jika terus-terusan seperti ini, kamu akan mengalami kesulitan dalam mengekspresikan diri sendiri, lho. Semakin lama, kamu akan merasa bahwa kamu tak akan bisa menjadi diri sendiri.

2. Mudah kecewa

Memaafkan seseorang itu memang perlu, tapi memberikan kesempatan kedua itu adalah sebuah pilihan. Jika memberi kesempatan kedua kepada seseorang yang pernah menyakitimu, bisa jadi akan membuka celah dirimu sendiri untuk dikecewakan lagi kali kedua.

Jadi, apakah kamu rela dan sanggup jika hati yang rapuh itu selalu terus-terusan dikecewakan?

3. Dimanfaatkan

Membantu sesama memang kebaikan yang harus diterapkan di dalam kehidupan sosial. Namun sayangnya ada beberapa orang yang selalu meminta tolong dikala ada butuhnya saja.

Memang ada yang malas atau hanya iseng saja. Tapi, kalau kamu punya sikap terlalu baik dan menjadi sungkan kalau menolak, bisa jadi kamu hanya dimanfaatkan saja.

Kalau begitu, kamu sendiri yang rugi karena merasa kesulitan dan kerepotan. Harus diingat ya, berkata tidak itu bukan sebuah kesalahan besar. kok.

4. Dianggap remeh

Sikap terlalu baik ini bisa mempengaruhi dirimu di kehidupan sosial. Jika saat berada di forum terbuka, kamu pun memilih setuju-setuju saja dengan keputusan yang diambil.

Padahal kamu punya opini yang ingin kamu sampaikan. Namun karena tak mau lama-lama berdebat, jadi kamu pilih mengikuti arus mengalir saja.

Sikap seperti itu malah yang bikin orang lain akan meremehkan dan menganggapmu sebagai pribadi yang membosankan, lho.

5. Tak dihargai

Salah satu alasan kenapa jangan terlalu baik sama orang adalah kamu akan menjadi sosok yang tak dihargai lagi. Biasanya ini terjadi karena kamu terlalu sering minta maaf.

Memang orang yang berani minta maaf duluan pasti mempunyai jiwa yang besar. Namun apa jadinya kalau selalu minta maaf kalau itu bukan kesalahanmu? Jika begitu terus, tentu orang tak lagi menghargaimu.

So, mulai sekarang jadilah orang baik menurut porsi yang pas saja alias mendahulukan jadi diri sendiri dan tidak meletakkan kebahagiaanmu untuk orang lain, karena dirimu juga pantas bahagia. (Kintan Sekarwangi)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS