Hadir di Atma Jaya, Peraih Nobel Kedokteran Sampaikan Pesan untuk Milenial

Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
Hadir di Atma Jaya, Peraih Nobel Kedokteran Sampaikan Pesan untuk Milenial
Profesor Paul Nurse, ilmuwan sekaligus peraih Nobel Kedokteran [press release]

Kegiatan akademik ini berbentuk diskusi Road to Nobel Lecture, dengan beragam topik di bidang kedokteran.

Suara.com - Hadir di Atma Jaya, Peraih Nobel Kedokteran Sampaikan Pesan untuk Milenial.

Profesor Paul Nurse, ilmuwan sekaligus peraih Nobel bidang kedokteran hadir di Jakarta, Selasa (12/3/2019), tepatnya di Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya.

Peraih Nobel Fiosiologi/Kedokteran itu membawakan kuliah umum berjudul  “Building a New Enlightment Towards a Scientific-based Civilization” dalam seri kegiatan “Bridges” di Indonesia.

Dalam kuliah umumnya, Prof. Paul Nurse menyampaikan, masyarakat umum dan dunia pendidikan harus memahami bahwa melalui ilmu pengetahuan tidak saja memecahkan masalah yang dihadapi untuk meningkatkan budaya, peradaban, hingga kualitas hidup dalam artian mempromosikan perdamaian internasional.

“Seperti halnya siklus kehidupan manusia, ilmu pun akan terus mengalami revolusi sehingga manusia harus siap dengan segala perubahan tersebut. Kenyataan tersebut menjadikan ilmu pengetahuan adalah aset terbesar kehidupan manusia,” ujar Prof Paul Nurse melalui siaran pers yang diterima Suara.com.

Rektor UNIKA Atma Jaya Dr. Agustinus Prasetyantoko menuturkan kegiatan ilmiah dengan menghadirkan pembicara setaraf Nobel merupakan salah satu usaha kampus, membangun inspirasi bangsa menuju taraf dunia.

Inspirasi ini penting karena akan memberikan semangat pada generasi milenial dan peneliti muda, para akademisi untuk selalu berpikir kreatif dalam mencari solusi berbagai permasalahan di masyarakat.

“Kegiatan Bridges dengan menghadirkan peraih Nobel menjadikan kampus menghasilkan para peneliti dan pemikir besar yang mampu berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah bangsa dan membangun Indonesia menuju bangsa yang maju dan mampu bersaing di tingkat global,” tuturnya.

Sementara itu, Dr. Yuda Turana, Dekan Fakultas Kedokteran dan Farmasi Unika Atma Jaya menuturkan kuliah umum Sir Paul Nurse merupakan puncak dari serangkaian kegiatan akademik berbentuk diskusi “Road to Nobel Lecture”, dengan beragam topik di bidang kedokteran, ilmu kesehatan, dan teknobiologi.

Perlu diketahui Prof Paul Nurse adalah penerima hadiah Nobel di bidang Fisiologi/ Kedokteran pada 2001 untuk penemuannya tentang regulasi siklus sel.

Pada 1987, dia berhasil mengisolasi gen cyclin-dependent kinase 1 (cdk1), yang mengkode protein cyclin-dependent kinases (CDK) yang berperan penting dalam keberlangsungan fungsi sel manusia.  

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS