Jangan Sembarang Pilih, Ini Dia Kriteria Botol Minum yang Aman

M. Reza Sulaiman | Firsta Nodia
Jangan Sembarang Pilih, Ini Dia Kriteria Botol Minum yang Aman
Ilustrasi botol minum plastik alias tumbler. (Shutterstock)

Ingin gunakan botol minum atau tumbler, ini kriteria yang harus Anda perhatikan.

Suara.com - Jangan Sembarang Pilih, Ini Dia Kriteria Botol Minum yang Aman

Botol minum plastik atau tumbler kini tengah jadi tren digunakan oleh masyarakat. Selain praktis dan mudah dibawa, tumbler populer karena ramah lingkungan dan dapat mengurangi penggunaan botol minum kemasan sekali pakai.

Meski demikian, jangan asal dalam memilih botol minum plastik atau tumbler. Pastikan bahan yang digunakan aman dan tidak mengandung senyawa yang berbahaya untuk tubuh.

Disampaikan Ferdinand Tunggadjaja, Product Manager PT Kawan Lama Inovasi, salah satu kriteria saat memilig botol air minum adalah aman dari kandungan BPA atau bisphenol-A. Senyawa ini sendiri dilaporkan dapat meniru struktur dan fungsi hormon estrogen.

Bahkan penelitian menyebut bahwa terlalu banyak paparan BPA dalam tubuh, dapat membuat seseorang menjadi rentan terhadap penyakit diabetes dan gangguan hormon.

"Air merupakan elemen yang sangat penting dalam kehidupan manusia, kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan tubuh menjadi lesu dan penyakit yang berbahaya. Tapi mengonsumsi air saja tidak cukup jika bahan yang digunakan sebagai wadahnya juga berpotensi bahaya bagi kesehatan," ujar Ferdinand dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Rabu (15/5/2019).

Ia menambahkan, salah satu botol minum yang bebas BPA adalah Rubbermaid Shaker yang diproduksi perusahaan Amerika Serikat ternama. Botol minum ini tak hanya bisa digunakan untuk menyimpan air tapi juga wadah bagi protein shakes atau jus sehingga membuatnya multifungsi.

Pilih botol minum dan tumbler yang bebas dari kandungan BPA atau bisphenol-A. (Dok. Kawan Lama Inovasi)
Pilih botol minum dan tumbler yang bebas dari kandungan BPA atau bisphenol-A. (Dok. Kawan Lama Inovasi)

"Rubbermaid Shaker merupakan botol minum dengan banyak kegunaan, dilengkapi dengan bola pengaduk lima sisi menjadikan botol minum ini solusi bagi Anda yang ingin menikmati protein shakes ataupun mencampur jus maupun smoothies pada saat Anda berolahraga dan beraktivitas," ujar Ferdinand.

Selain itu, Ferdinand menambahkan, Rubbermaid Shaker menggunakan bahan Tritan yang anti bau dan noda. Tutupnya didesain dengan bentuk ulir sehingga efektif mencegah kebocoran pada saat disimpan didalam tas.

"Rubbermaid Shaker juga sudah bebas dari bahan BPA sehingga aman bagi kesehatan dan bisa dicuci di mesin dishwasher," imbuhnya.

Rubbermaid Shaker sendiri kata dia memiliki dua ukuran yakni 600ml dan 828ml serta empat pilihan warna yakni black, laguna blue, crab king, dan purple. Botol ini bisa didapatkan dengan harga Rp 179.000 sampai dengan Rp 187.000 di Lacassa Living World Alam Sutera lt.1 no.105, ACE Stores, Seibu, Sogo, Metro, Central, Sarinah, foodhall.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS