Ini Hal Penting yang Perlu Diketahui Sebelum Pakai Keratin Rambut

Vika Widiastuti | Kintan Sekarwangi
Ini Hal Penting yang Perlu Diketahui Sebelum Pakai Keratin Rambut
Ilustrasi perawatan rambut. [Shutterstock]

Cari tahu dulu, yuk!

Suara.com - Masalah rambut rontok, kering, dan kasar sering kali menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Namun tak perlu cemas, sebab sekarang sudah banyak perawatan yang dapat mengatasi berbagai masalah tersebut.

Bahkan, berbagai suplemen dan produk perawatan rambut juga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan dan tentunya mudah ditemukan. Salah satu kandungan dalam produk perawatan rambut yang biasa ditemui adalah keratin.

Sebelum menggunakan keratin rambut, dilansir dari laman Health Line ada beberapa hal penting yang perlu diketahui. Apa saja ya?

1. Perawatan rambut dengan keratin

Masuk dalam salah satu komponen protein, keratin terdapat dalam semua jenis rambut. Perawatan menggunakan keratin dapat digunakan untuk meluruskan rambut dengan mengubah ikatan dalam tekstur rambut keriting dan mengubahnya secara permanen menjadi rambut lurus.

Tak hanya itu, keratin juga memberi manfaat lain seperti membuat rambut berkilau, bebas kusut, halus, kuat hingga memperbaiki rambut yang rusak.

Ilustrasi rambut lepek. (Shutterstock)
Ilustrasi rambut lurus. (Shutterstock)

2. Tidak semua perawatan keratin memiliki fungsi yang sama

Kalau biasanya perawatan salon menggunakan keratin untuk meluruskan rambut, berbeda lagi dengan serum, sampo, atau kondisioner yang mengandung keratin.

Serum, sampo, atau kondisoner ini membuat klaim berbeda dengan salon seperti menghindari rambut dari kerusakan atau memperbaiki rambut yang kering.

3. Keratin tidak bisa digunakan sembarangan

Perawatan salon dengan menggunakan keratin mengandung formaldehyde dalam jumlah besar. Walaupun terkadang mereka mengklaim tanpa formaldehyde, tapi tetap harus waspada karena ada beberapa efek sampingnya.

Bisa mengalami efek buruk seperti mimisan dan masalah pernapasan akibat menghirup asap dari produk perawatan keratin ini. Hal tersebut juga berpengaruh bagi wanita hamil. Sehingga disarankan untuk menghindari perawatan ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS