Waspada saat Mencari 5 Destinasi Wisata Ini di Google, Berikut Alasannya

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
Waspada saat Mencari 5 Destinasi Wisata Ini di Google, Berikut Alasannya
Ilustrasi laman pencarian Google. (Shutterstock)

Ini risiko di balik pencarian destinasi wisata tersebut.

Suara.com - Saat membuat rencana liburan, mesin pencarian Google dapat menjadi salah satu alat yang berguna untuk mengumpulkan informasi mengenai destinasi wisata.

Mulai dari memilih tempat wisata hingga memesan penginapan, travelers dapat mencari informasi yang dibutuhkan lewat Google.

Namun, sebuah perusahaan keamanan komputer McAfee menyatakan bahwa ada beberapa destinasi wisata yang harus kita waspadai saat menggunakan mesin pencarian Google.

Dilansir dari Mirror, pakar di McAfee menyebutkan bahwa banyak hacker atau kriminal yang menggunakan hasil pencarian Google untuk melakukan scam.

Bahkan, disebutkan jika setiap 1 dari 5 orang pernah tertipu dan kehilangan uang lewat link dan website palsu saat memesan liburan.

Ilustasi seorang perempuan menggunakan Google web browser di sebuah laptop. [Shutterstock]
Ilustasi mesin pencarian Google [Shutterstock]

Hal ini dikarenakan masih banyak turis yang terpancing tawaran menggiurkan dan tidak mengecek lebih lanjut apakah sebuah situs dapat dipercaya.

"Kami menyarankan orang-orang untuk memvalidasi pesanan, penginapan dan penerbangan saat liburan lewat website yang bisa dipercaya alih-alih tautan atau iklan menggiurkan," ujar ilmuwan dari McAfee.

Berkaitan dengan bahaya tersebut, pakar juga menyebutkan bahwa ada 5 pencarian destinasi wisata yang menghasilkan paling banyak situs palsu atau tautan berbahaya.

Kelima destinasi wisata itu adalah Malaga, Florida, Peyia, Lagos, dan Marbella.

Meski begitu, apa pun destinasi wisata yang kamu cari, berhati-hatilah saat mencari informasi dan bertransaksi lewat internet, ya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS