Fakta Unik, Sepatu Pertama Nike Dibuat Pakai Cetakan Waffle

Agung Pratnyawan | Yasinta Rahmawati
Fakta Unik, Sepatu Pertama Nike Dibuat Pakai Cetakan Waffle
Sepatu Nike Adapt BB. (Nike)

Inspirasi terbukti bisa datang dari mana saja.

Suara.com - Menjadi salah satu brand alas kaki yang disukai banyak orang, Nike tentunya memiliki sejarah yang cukup panjang sejak didirikan pada tahun 1971.

Siapa sangka, sepatu dengan swoosh ikonik ini dulunya terinspirasi dan dibuat dengan cetakan waffle. Hal itu terjadi ketika salah satu pendiri Nike, Bill Bowerman sedang sarapan bersama istrinya.

Seperti dilansir dari Highsnobiety, Bill Bowerman saat itu sedang menunggu sarapan buatan sang istri. Saat sarapan dihidangkan, Bowerman melihat pola cetakan pada waffle. Ia sadar bahwa lekukan pada alat pembuat waffle yang ia gunakan akan menjadi cetakan yang sempurna buat sepatu lari.

Bill kemudian membayangkan sebuah sepatu olahraga yang bidang tapaknya memiliki pola khusus seperti waffle, maka atlet yang memakainya bisa dengan mudah mencengkram trek tanpa harus khawatir terpeleset.

"Ketika salah satu waffle keluar, dia berkata, 'Kamu tahu, dengan membalikkannya, di mana bagian wafel akan bersentuhan dengan trek - saya pikir itu mungkin berhasil.' Jadi dia bangkit dari meja dan pergi ke labnya dan mengambil dua kaleng berisi sesuatu dan menuangkannya ke dalam waffle iron," ungkap Barbara, istri Bill pad The Oregonian.

Ilustrasi produsen apparel Nike (Shutterstock)
Ilustrasi produsen apparel Nike (Shutterstock)

Menurut The Oregonian, saat itu Bowerman merupakan pelatih track and field. Ia mencari cara untuk membuat sepatu lari lebih ringan dan lebih cepat karena lapangan Hayward di Oregon, tempat dia bekerja, sedang beralih ke permukaan lapangan buatan.

Cetakan tersebut pun menginspirasi sepatu pertama Nike, Waffle Trainer yang berhasil dipasarkan dan dirilis pada tahun 1973. Sebelum itu, banyak sol atletik yang rata dan lebih rendah ke tanah, namun sol yang terinspirasi waffle memiliki bola lampu kecil yang menonjol untuk cengkeraman ekstra dan rebound.

Ini adalah inovasi besar pertama dari sebuah perusahaan yang telah merevolusi industri sepatu dengan kemajuan teknologi seperti Visible Air, Flyknit, Lunarlon dan banyak lagi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS