3 Tips Mengatur Keuangan Bagi Pengantin Baru, Nomor 1 Penting

Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
3 Tips Mengatur Keuangan Bagi Pengantin Baru, Nomor 1 Penting
Ilustrasi pasangan suami istri. [Shuttestock]

Sepakati terlebih dahulu metode pengaturan keuangan yang akan digunakan

Suara.com - 3 Tips Mengatur Keuangan bagi Pengantin Baru, Nomor 1 Penting

Keuangan dan pernikahan merupakan dua hal yang berkaitan. Untuk menandai salah satu momen terpenting dalam hidup setiap manusia yang juga menjadi pintu awal memasuki kehidupan baru membutuhkan persiapan yang matang dan tidak mudah. 

Dengan berkembangnya tren gaya pernikahan, banyak kebutuhan yang diperlukan untuk mewujudkan pernikahan impian. Tetapi hal yang sering dilupakan saat merencanakan pernikahan adalah mempersiapkan diri untuk tahap kehidupan setelah acara pernikahan juga sangat penting.

Mengatur keuangan mengambil peranan krusial dalam mewujudkan kelancaran menjalankan kehidupan baru mulai dari pernikahan hingga kehidupan berumah tangga. 

Melihat pentingnya mengatur keuangan agar tidak terjadi pembengkakan biaya dalam tahap - tahap kehidupan rumah tangga, berikut 3 tips yang dapat diperhatikan oleh para calon pasangan dalam mengatur uang dalam pernikahan yang dirangkum Suara.com dari rilis Shopee.

Ilustrasi pernikahan. (Shutterstock)
Ilustrasi pernikahan. (Shutterstock)

1. Jujur Mengenai Finansial

Jalin komunikasi dan keterbukaan mengenai finansial terhadap pasangan. Calon pasangan sebaiknya jujur tentang kondisi keuangan saat ini agar penentuan biaya  untuk rencana kedepan seperti acara pernikahan hingga kehidupan rumah tangga bisa berangkat dari kondisi finansial.

Selain itu, komunikasi ini juga meliputi komitmen khusus yang akan dibangun kedua pasangan dan mengatur keinginan di masa depan.

2. Sepakati Metode Pengaturan Keuangan 

Sebelum memulai kehidupan pernikahan mulai dari tahap perencanaan pernikahan hingga kehidupan rumah tangga, sepakati terlebih dahulu metode pengaturan keuangan yang akan digunakan nanti dan siapa yang akan menjadi manajer keuangannya.

Ini merupakan salah satu hal yang signifikan dan penting agar dapat mewujudkan pengaturan keuangan yang baik. Jangan lupa kalau setiap rumah tangga memiliki metode pengaturan keuangan yang berbeda.

3. Rancang Rencana Keuangan Bersama 

Agar terjalin komitmen serta prioritas tujuan keuangan yang ingin diwujudkan rancang rencana keuangan bersama.

Pengaturan ini harus dimulai dari biaya untuk merencanakan pernikahan hingga biaya rumah tangga. Hal ini karena besar biaya yang digunakan untuk satu tahap akan berpengaruh pada tahap selanjutnya. Dengan merancang rencana keuangan bersama, akan terbangun visi yang sejalan dan menghindari terjadinya pembengkakan biaya. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS