Bawa Karung Setiap Traveling, Kelly Tandiono Akui Selalu Punguti Sampah

Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
Bawa Karung Setiap Traveling, Kelly Tandiono Akui Selalu Punguti Sampah
Bawa Karung Setiap Traveling, Kelly Tandiono Akui Selalu Punguti Sampah [Suara.com/Vessy Dwirika Frizona]

Aksi Kelly kerap memancing warga dan komunitas sekitar untuk membersihkan tempat wisata.

Suara.com - Bawa Karung Setiap Traveling, Kelly Tandiono Akui Selalu Punguti Sampah

Sampah di kawasan wisata masih menjadi masalah bagi industri pariwisata Indonesia. Entah itu sampah di laut, darat, dan pegunungan. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah, pengelola wisata, komunitas, dan masyarakat untuk mengatasi pencemaran lingkungan akibat sampah dimana-dimana.

Menyadari sulitnya mengimbau wisatawan untuk tertib dalam berwisata untuk tidak membuang sampah sembarangan, Kelly Tandiono berinisiatif untuk membersihkan area wisata setiap ia berkunjung. Caranya, ialah dengan membawa karung setiap travelling dan mengumpulkan sampah-sampah di tengah aktivitas wisatanya.

"Jadi setiap traveling aku selalu menyediakan karung beras bekas di mobil. Karung-karung itu akan aku pakai untuk mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan di tempat wisata tersebut," ungkap Kelly Tandiono saat ditemui Suara.com dalam acara Untuk Indonesia yang Lebih Bersih di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019).

Belum lama ini model yang juga memiliki hobi travelling itu melakukan aksi pungut sampah di salah satu area wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT). Aksi Kelly pun memancing warga dan komunitas sekitar tergerak untuk membersihkan tempat wisata tersebut.

"Jadi terakhir aku lagi ke NTT dan untuk jadi volunteer. Saat aku ke salah satu tempat wisata, goa kristal namanya, aku lihat banyak sampah dimana mana. Saat itu juga aku langsung mengambil karung beras yang sudah tersedia di mobil untuk mengumpulkan sampah-sampahnya," beber Kelly.

Akhirnya, sambung Kelly, komunitas sekitar malah ikut tergerak. Aksi itu menjadi salah satu yang bisa jadi contoh untuk membersihkan lingkungan.

"Jadi untuk kalian semua, siapa tau lagi traveling kemana bisa sekalian membersihkan sampah dengan menjadikan itu sbg kebiasaan. Itu mungkin yang bisa dicontoh sam orang lain," imbuh Kelly.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS