Viral! Gagal Capai Target, Karyawan Dipaksa Makan Ikan Hidup

Ade Indra Kusuma | Risna Halidi
Viral! Gagal Capai Target, Karyawan Dipaksa Makan Ikan Hidup
Viral! Gagal Capai Target, Karyawan Dipaksa Makan Ikan Hidup [odditycentral]

Departemen tenaga kerja setempat kini tengah melakukan penyelidikan atas insiden tersebut.

Suara.com - Viral! Gagal Capai Target, Karyawan Dipaksa Makan Ikan Hidup.

Sebuah perusahaan di Guizhou, China, mendapat kecaman karena memaksa karyawannya untuk makan ikan hidup-hidup dan minum darah ayam karena gagal memenuhi target yang telah diterapkan.

Berita tersebut menjadi viral di media sosial, di mana seorang lelaki membagikan ikan lumpur hidup dari ember plastik kepada belasan karyawan dan memerintahkan mereka untuk "menggigitnya sampai pecah".

Video itu juga menunjukkan orang-orang yang diduga karyawan minum cairan aneh yang diduga merupakan darah ayam, dan kemudian meringis dan muntah dalam diskusi.

Mengutip Odditycentral, seorang wakil perusahaan mengatakan kepada surat kabar China, Beijing News bahwa insiden itu memang terjadi pada 4 Agustus lalu dan melibatkan sekitar 20 karyawan yang gagal memenuhi target penjualan mereka. Namun, ia menekankan bahwa karyawan secara sukarela makan ikan hidup dan minum darah ayam, sebagai bentuk motivasi untuk berbuat lebih baik lagi di masa depan.

Setelah video mengejutkan itu beredar secara online, departemen tenaga kerja setempat mengatakan kepada wartawan bahwa mereka telah melakukan penyelidikan atas insiden tersebut.

Bahkan di media sosial, berita tersebut langsung menjadi makanan warganet. Berbondong-bondong mereka menyesalkan tindakan perusahaan tersebut.

"Hukuman ini umum di antara perusahaan yang menjual bahan bangunan. Saya benar-benar tidak tahu bagaimana para bos ini memikirkan hal-hal ini ... 'Secara sukarela'? Lebih seperti takut kehilangan pekerjaan. Bos-bos jahat ini sesat," tulis seorang pengguna Weibo.

Di China sendiri, sudah ada undang-undang perburuhan di mana negara mencegah atasan mempermalukan karyawan dan melakukan hukuman fisik.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS