Ajak Warga dan Wisatawan Rawat Lingkungan, Menilik Program Cermat Helsinski

Galih Priatmojo | Aditya Prasanda
Ajak Warga dan Wisatawan Rawat Lingkungan, Menilik Program Cermat Helsinski
(Pixabay Angelo Giordano)

Kira-kira, kita bisa menerapkan hal yang sama di Indonesia nggak ya?

Suara.com - Demi mengentaskan dampak pemanasan global di negaranya, pemerintah kota Helsinski menelurkan program inovatif, Think Sustainably.

Program yang dibagikan melalui jejaring internet ini diharapkan dapat menggerakkan wisatawan dan masyarakat Helsinksi untuk menerapkan kesadaran hidup ramah lingkungan.

Laporan Lonely Planet menyebut dalam praktiknya, warga dan wisatawan yang menghuni Helsinski diminta memberikan kriteria restoran, toko, penginapan hingga fasilitas publik lain yang ramah lingkungan.

Program yang sama juga menawarkan rute perjalanan bebas emisi pada para wisatawan hingga transportasi gratis demi menekan jumlah emisi di Helsinski.

Melalui Think Sustainably, pemerintah Helsinski juga mengharapkan warga dan wisatawan membudayakan kebiasaan berjalan kaki alih-alih menggunakan alat transportasi.

Pemanasan global yang mulai dirasakan penghuni ibu kota Finlandia ini membuat pemerintah setempat tak memiliki opsi lain selain menggerakkan masyarakatnya untuk menjalankan pola hidup ramah lingkungan.

Kira-kira, kita bisa menerapkan hal yang sama di Indonesia nggak ya?

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS