Kata Studi, Pria Lebih Dekat dengan Anjing Peliharaan Ketimbang Manusia

Rauhanda Riyantama | Yasinta Rahmawati
Kata Studi, Pria Lebih Dekat dengan Anjing Peliharaan Ketimbang Manusia
Menikmati sunset di pantai bersama anjing kesayangan. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Apakah kamu juga memiliki anjing peliharaan.

Suara.com - Banyak orang menyukai memelihara anjing. Hewan peliharaan satu ini punya sifat setia dan menghibur. Sebuah studi baru mengungkap bahwa pria mungkin lebih sayang dengan anjing ketimbang manusia.

Penelitian oleh psikolog Amerika, Dr Chris Blazina, menunjukkan bahwa banyak pria menemukan hubungan dan keterikatan pada anjing mereka lebih aman daripada hubungan manusia terdekat mereka.

Dalam penelitian tersebut Dr Blazina menganalisis sejumlah studi untuk lebih memahami bagaimana ikatan dengan hewan peliharaan dapat memperkaya kehidupan manusia.

Responden pria diminta untuk membandingkan manusia dan hewan terdekatnya tentang seberapa aman ikatan mereka. Dalam 62% kasus, keterikatan dengan teman satwa diberi label 'hampir selalu' aman.

"Satu penelitian yang saya lakukan menemukan bahwa ketika pria semakin tua - usia pertengahan dan seterusnya, anjing mereka mengambil peran yang bahkan lebih signifikan," kata Dr Chris seperti dikutip dari Metro.

(Shutterstock)
(Shutterstock)

Pria paruh baya melaporkan lebih mengandalkan sahabat hewan mereka untuk dukungan emosional.

Dr Chris mulai mencari hubungan antara manusia dan anjing setelah anjing kesayangannya, Kelsey, meninggal. Saat itu dia mengalami kesedihan yang hebat.

"Ketika saya mulai berduka kehilangan teman lama saya, saya memahami mengapa Kelsey begitu penting dalam hidup saya," dia menjelaskan.

Dari penelitian tersebut, Dr Chris percaya bahwa memiliki seekor anjing bisa menjadi alat penting dalam membantu meruntuhkan hambatan emosional yang dihadapi banyak pria di kehidupan modern.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS