Jangan Pernah Menunda, Ini Cara Terbaik Minta Maaf pada Pasangan

Dany Garjito | Kintan Sekarwangi
Jangan Pernah Menunda, Ini Cara Terbaik Minta Maaf pada Pasangan
Ilustrasi pasangan. (Pexels/Anastasiya Lobanovskaya)

Cara ini bisa membuat kamu dan pasangan bisa kembali menjalin hubungan yang baik-baik saja.

Suara.com - Dalam sebuah hubungan, memang tidak selalu berjalan baik. Pasti akan melewati beberapa momen di mana kamu dan pasangan bertengkar. Nah, jangan terlalu lama membuat suasana hubungan panas. Ada beberapa cara terbaik minta maaf pada pasangan agar hubungan jadi adem lagi.

Kesalahan tentu tak bisa dihindari dalam hubungan pernikahan. Dirimu atau pasangan bisa melakukan kesalahan dan perlu minta maaf.

Pasti selalu ada momen canggung saat minta maaf. Kondisi itu biasanya karena permasalahan yang sulit dimaafkan atau mungkin memang susah menurunkan ego dan emosi untuk saling minta maaf atau memaafkan.

Itulah mengapa orang perlu tahu bagaimana cara terbaik minta maaf pada pasangan agar hubungan bisa kembali romantis dan harmonis.

Ingin tahu caranya, kan? Cek di bawah ini, yuk!

1. Menyadari kesalahan

Pasangan bertengkar. (Shutterstock)
Pasangan bertengkar. (Shutterstock)

Menyadari kesalahan adalah hal pertama yang harus dilakukan jika merasa bersalah. Ketahui dulu kesalahanmu dan dengarkan apa yang ingin dia katakan mengenai kesalahanmu.

Jangan melakukan pertahanan atau melawan dan turunkan egomu. Sebab, ini bukan saat yang tepat untuk mempertahankan kemauan.

2. Bertanggung jawab

Tanggung jawab yang dimaksud adalah bertanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan. Coba komunikasikan berdua, saling jujur, dan berikan penjelasan dengan apa adanya. Hal ini juga bertujuan agar permintaan maaf diterima karena sekaligus menunjukkan bahwa dirimu memang ingin memperbaiki hal yang salah.

3. Mempunyai prinsip tidak mengulangi kesalahan yang sama

Pasangan kekasih. (Unsplash/Pablo Heimplatz)
Pasangan kekasih. (Unsplash/Pablo Heimplatz)

Salah satu cara terbaik minta maaf pada pasangan adalah mempunyai prinsip tidak mengulangi kesalahan yang sama setelah minta maaf. Ini akan membuat dirimu lebih berhati-hati.

Tunjukkan kalau maaf itu tak hanya di mulut saja. Buktikan kalau dirimu bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS