Belajar Investasi Lewat Aplikasi Kian Jadi Favorit Milenial

Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
Belajar Investasi Lewat Aplikasi Kian Jadi Favorit Milenial
Belajar Investasi Lewat Aplikasi Kian Jadi Favorit Milenial (Shutterstock)

Membahas investasi, ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih mulai dari emas, properti, , sampai saham.

Suara.com - Belajar Investasi Lewat Aplikasi Kian Jadi Favorit Milenial

Mengelola keuangan sejak dini, menjadi hal penting yang telah disadari generasi milenial. Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan agar terbebas dari jeratan masalah keuangan pada masa mendatang, seperti middle income trap, tentunya dengan berinvestasi sejak dini. 

Membahas mengenai investasi, ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih mulai dari emas, properti, surat hutang negara, sampai saham. Tanpa bekal pengalaman dan pengetahuan  mumpuni, investor cenderung berspekulasi hanya menggunakan perasaan atau ikut kata teman saja. 

Padahal, tanpa pertimbangan, resiko akan datang dan pasti sejalan dengan keuntungan yang ingin dicapai. Tak ayal, investasi saham adalah salah satu instrumen investasi yang paling banyak diminati anak muda. 

Hal ini ditunjukkan dengan tingkat partisipasi kaum milenial di pasar modal yang mulai menunjukkan kenaikan. Tren kenaikan minat investasi saham membuat Denny Huang, CEO & Founder Emiten.com, bersama rekan komunitas sahamnya menciptakan aplikasi saham.

Denny menjelaskan, Emiten.com sendiri adalah platform yang mempertemukan investor, analis independen maupun sekuritas dan perusahaan publik. Aplikasi ini memiliki karakter social impact investing dimana investor atau calon investor dapat berkontribusi terhadap pola pikir dan keberhasilan satu sama lain. 

"Tidak hanya itu, kedepannya di aplikasi ini UMKM juva dapat berkontribusi aktif. UMKM yang membutuhkan dukungan bisa mendapatkan manfaat seperti edukasi, rekomendasi, konsultasi, dan diskusi mengenai portfolio," ucap Denny seperti dikutip Suara.com dari siaran pers.
 
Lebih lajut, ia berencana bahwa nantinya investor pasar modal yang sudah paham akan konsep high risk - high return dan medium long term investing untuk berinvestasi di UMKM. Sehingga, UMKM tidak perlu pusing akan membayar pinjaman pokok dengan bunga yang tinggi. 

(Shutterstock)
Ilustrasi investasi saham (Shutterstock)

"Untuk saat ini kami masih wait and see, fokus membesarkan komunitas ini mengingat equity crowdfunding sendiri masih baru di Indonesia," jelasnya.

Di Emiten.com ada 2 fitur unggulan pada awal versi peluncuran aplikasi nantinya. Pertama adalah komunitas berbasis live chat. Fitur kedua adalah pusat rekomendasi tempat analis sekuritas maupun independen membagikan analisa berdasarkan keahlian atau strategi masing masing.

"Aplikasi ini didukung oleh beberapa analis berpengalaman, seperti; Harvey Giri Pratama, RSA., Kevin aminudin, CRA., Dani Setiawan, RSA., Agung Surya Thidar, Vania Valencia David, Ni kadek dara maritasari dan Janar Dehantoro untuk menjaga kualitas investor dalam fitur komunitas saham dan pusat rekomendasi. Hingga saat ini, terdapat sekitar 2-5 analis mendaftar untuk bergabung setiap bulannya," tutup Denny.
 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS