Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Ada Lelaki Punya Kentut Ajaib, Bisa Usir Nyamuk dan Serangga?

Vania Rossa | Risna Halidi
CEK FAKTA: Ada Lelaki Punya Kentut Ajaib, Bisa Usir Nyamuk dan Serangga?
Ilustrasi orang kentut. (Shutterstock)

Bahkan, konon katanya, sudah ada perusahaan yang menawari untuk menjadikan kentutnya obat nyamuk komersil. Benarkah?

Suara.com - Sebuah kabar baru-baru ini beredar tentang seorang lelaki Uganda yang konon bau kentutnya dapat membunuh nyamuk, bahkan hingga rentang jarak tertentu. Lebih jauh bahkan disebutkan bahwa hal itu sampai membuat perusahaan obat antinyamuk siap mengkomersilkan 'angin buangan'-nya tersebut.

Disebutkan, konon lelaki tersebut bernama Joe Rwamirama, berusia 48 tahun, berasal dari Kampala, Uganda. Sumber kabar ini bahkan juga memuat komentar dari sosok yang disebut bernama Joe tersebut.

"Saya berbau seperti laki-laki normal dan saya mandi setiap hari, dan kentut saya sama seperti orang lain. Kentut saya hanya berbahaya bagi serangga kecil terutama nyamuk," katanya.

Klaim yang ditelusuri:

Benarkah kabar tentang lelaki yang kentutnya bisa membunuh nyamuk tersebut?

Penelusuran:

Salah satu sumber dari kabar ini adalah situs Oddity Central (arsipnya di sini, Red) yang mengutip laman Talk of Naija. Situs terakhir inilah, yang diketahui berasal dari Nigeria, kemudian jadi bahan kutipan banyak situs lainnya, termasuk situs-situs populer asal Inggris Raya seperti The Sun, Daily Mirror dan Daily Star, hingga situs-situs lain dari Denmark, Jerman, Kroasia, India, Ekuador, hingga Amerika Serikat.

Tampilan artikel awalnya di laman Ihlaya News. [Ihlaya News/captured]
Tampilan artikel awalnya di laman Ihlaya News. [Ihlaya News/captured]

Sebagaimana ditulis Snopes, situs kenamaan pemeriksa fakta, kabar tersebut nyatanya hanyalah hoaks belaka. Diketahui, artikel tentang "Joe Rwamirama" itu pertama kali dipublikasikan pada 9 Desember 2019 oleh Ihlaya News (sebagaimana diarsipkan Snopes di sini), situs yang pada bagian header-nya mencantumkan keterangan "nuusparodie waarvan jy hou", kata-kata dalam bahasa Afrikaans yang berarti "news parody you like" atau "parodi berita yang Anda suka".

Keterangan lebih lengkap juga bisa disimak di laman Facebook Ihlayanews (sebagaimana diarsipkan Snopes di sini), yang antara lain mempertegas bahwa situs dimaksud adalah "sebuah situs parodi berita dan satire", lengkap dengan kalimat "kami berupaya semaksimalnya untuk memastikan artiekl-artikel (di situs ini) adalah fiksi belaka".

Kalimat disclaimer di laman Facebook Ihlaya News. [Facebook/captured]
Kalimat disclaimer di laman Facebook Ihlaya News. [Facebook/captured]

Lebih jauh, sebuah foto lelaki yang disertakan pada artikel aslinya tersebut --sehingga terkesan dialah "Joe Rwamirama"-- yang juga sudah dimuat ulang oleh sejumlah situs lain tanpa mengecek keasliannya, kenyataannya juga bukanlah sang "lelaki dengan kentut pembunuh nyamuk" itu.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS