5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Urusan Rumah

Vania Rossa
5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Urusan Rumah
Ilustrasi minyak kelapa. (pixabay.com/@moho01)

Tak hanya dikonsumsi, minyak dari kelapa bisa digunakan untuk ragam keperluan di kehidupan sehari-hari.

Suara.com - Ternyata, buah kelapa memiliki banyak sekali kegunaan dari setiap bagian-bagiannya. Buah atau dagingnya tentunya bisa dikonsumsi, airnya segar dan bisa diminum, kulitnya (yang biasa disebut sabut) mempunyai berbagai kegunaan mulai dari bahan dasar kerajinan sampai menjadi bahan bakar, dan begitu juga minyaknya.

Minyak kelapa akhir-akhir ini diminati banyak orang terutama yang mencari alternatif yang lebih alami untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Cara mendapatkannya pun relatif mudah. Anda bisa mengekstraksi sendiri minyak kelapa dengan beberapa cara, membelinya di toko, atau membeli produk olahannya untuk berbagai keperluan.

Dengan kemudahan akses dan beragam manfaat yang dimilikinya, minyak kelapa bisa digunakan untuk berbagai urusan rumah. Mulai dari merawat diri di rumah, bahan masakan, sampai merawat furnitur di rumah.

Untuk mengetahui bagaimana minyak kelapa bisa dimanfaatkan untuk hal-hal di atas, simak penjelasan dari Dekoruma di bawah ini dan mulai praktikan di rumah Anda.

1. Perawatan Furnitur Kayu

Kegunaan yang satu ini mungkin adalah fungsi yang paling jarang diketahui oleh orang awam. Ya, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk merawat furnitur kayu di rumah Anda. Caranya hanya dengan mengoleskan minyak kelapa di berbagai furnitur dan perabot kayu di rumah Anda. Selain untuk membuat furnitur kayu tampil mengilap, minyak kelapa juga bisa mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur sebagai lapisan pelindung alami.

2. Pengganti Minyak Goreng

Dengan perdebatan yang terus-menerus bergulir tentang bagaimana minyak goreng berbahan sawit tidak baik untuk kesehatan dan lingkungan, Anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai alternatif yang lebih sehat.

Bukan hanya minyak goreng untuk menggoreng atau menumis, mentega pun juga bisa disubstitusi dengan minyak kelapa saat membuat kue atau hidangan yang dipanggang lainnya. Dengan kandungan lemak tidak jenuhnya, minyak kelapa akan bergizi untuk tubuh dan tidak memberikan kolesterol jahat.

3. Mendukung Program Diet dan Hidup Sehat

Masih tentang pola makan di rumah, minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai pengganti banyak bahan makanan lainnya. Dressing salad, selai roti, atau bahkan ampas minyak kelapa yang digoreng bisa dijadikan cemilan bernama kethak atau blondo. Minyak kelapa memiliki kemampuan untuk mempercepat metabolisme manusia yang kemudian mempercepat pembakaran lemak dan pembentukan energi bagi tubuh, membuat berat badan tetap stabil atau cenderung turun.

4. Fungsi Kecantikan dan Perawatan Tubuh

Selanjutnya adalah fungsi minyak kelapa untuk kecantikan dan perawatan tubuh. Minyak kelapa bisa menjadi penghapus riasan wajah alami apabila kulit Anda sensitif dengan pembersih wajah yang terbuat dari bahan kimia. Minyak kelapa juga memiliki fungsi melembabkan sehingga bisa menjadi pelembap wajah alami yang bersifat anti-aging atau mencegah penuaan.

Minyak kepala bisa juga digunakan sebagai minyak pijat dan body scrub yang membantu mengangkat sel kulit mati pada tubuh bila dicampurkan dengan bahan-bahan lain seperti gula merah, garam, madu, dan bahan-bahan lainnya.

5. Membantu Menyehatkan Rambut

Minyak kelapa mempunyai kemampuan untuk menyehatkan rambut dengan asupan protein yang diberikan kepada akar rambut dan kulit kepala. Dengan protein yang cukup, rambut Anda tidak akan rontok. Minyak kelapa juga membuat kulit kepala menjadi terhidrasi dan mencegah tumbuhnya ketombe. Pengaplikasiannya pun mudah. Hanya oleskan minyak kelapa ke rambut sebelum keramas, diamkan satu sampai dua jam, dan bilas sampai bersih, rambut Anda bisa lebih sehat dan tampil berkilau.

Untuk Anda yang mencari pengganti dan alternatif yang lebih sehat dari aspek-aspek yang sudah disebutkan di atas, mungkin minyak kelapa bisa menjadi pilihan yang sesuai untuk kebutuhan Anda atau keluarga di rumah.

Artikel terkait:
Sebagai Aromaterapi, Benarkah Minyak Esensial Bermanfaat bagi Kesehatan?
Berikan Efek Buruk, Hindari 5 Kesalahan Penggunaan Minyak Atsiri Ini!
Lebih Praktis, Hilangkan Stres dengan Parfum Aromaterapi Buatan Sendiri

Published by

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS