Jelang Tahun Baru, Kondisi Daerah Wisata di Anyer dan Carita Aman

M. Reza Sulaiman
Jelang Tahun Baru, Kondisi Daerah Wisata di Anyer dan Carita Aman
Pantai Carita sepi pengunjung, pedagang mengeluh omset turun. (Suara.com/Yandhi Deslatama)

500 personil kepolisian siap berpatroli menjaga keamanan lokasi wisata di Banten saat malam pergantian tahun baru nanti, terutama di wilayah Anyer dan sekitarnya.

Suara.com - Jelang Tahun Baru, Kondisi Daerah Wisata di Anyer dan Carita Aman

Kawasan wisata Pantai Anyer mulai bangkit dari tragedi tsunami Selat Sunda satu tahun lalu. Bagi Ketua Balawista Kabupaten Serang, Dede Sulaiman, wisatawan mulai berdatangan ke sejumlah pantai yang ada di pesisir Kabupaten Serang, Banten.

"Kawasan wisata Anyer aman untuk di kunjungi. Balawista Serang siap mengamankan kawasan wisata Anyer agar wisatawan merasa aman dan nyaman," kata Dede Sulaiman, saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Minggu (29/12/2019).

Pihak kepolisian melakukan patroli dilokasi wisata yang ada di Banten, baik di Pantai Anyer, Carita, hingga Sawarna yang ada di Kabupaten Lebak. Setidaknya, 500 personil kepolisian siap berpatroli menjaga keamanan lokasi wisata di Banten saat malam pergantian tahun baru nanti, terutama di wilayah Anyer dan sekitarnya.

Fokus pengamanan saat malam pergantian tahun baru yakni penjagaan orang, barang dan lokasi kegiatan. Sehingga diharapkan tidak terjadi kecelakaan laut, seperti orang tenggelam hingga kehilangan barang-batang berharga milik wisatawan.

"Kita akan fokus pengamanan pada objek wisata, baik di Anyer maupun di Carita, dan beberapa lokasi lainnya yang akan di kunjungi masyarakat yang wisata. Keberadaan kita disini wajib menghadirkan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, jangan sampai ada masalah laka laut orang tenggelam, kemacetan atupun pencopetan dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya," kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardy, ditemui di Pos terpadu pengamanan tahun baru di Mercusuar Anyer, Kabupaten Serang, Banten.

Sedangkan rekayasa lalu lintas akan diberlakukan oleh Polres Cilegon, jika terjadi kepadatan. Sistem one way atau satu arah akan berlaku situasional saat libur tahun baru.

Jika kendaraan banyak yang mengarah dari Kota Cilegon ke wilayah Anyer, maka akan di utamakan kendaraan yang akan masuk ke Anyer. Kemudian kendaraan yang akan keluar Anyer menuju Kota Cilegon, akan disekat di Hotel Mandalika, begitupun sebaliknya.

"One way atau satu arah akan diberlakukan situasional. Tergantung kepadatan lalu lintas atau kendaraan mengarah kemana. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi arus lalu lintas yang stagnan atau macet total, yang penting roda kendaraan tetap berputar," kata Kasatlantas Polres Cilegon, Ali Rahman, ditemui di Pasar Anyer, Kabupaten Serang, Banten.

Suasana jalan di Kabupaten Lebak, Banten, jelang perayaan tahun baru. (Suara.com/Yandhi)
Suasana jalan di Kabupaten Lebak, Banten, jelang perayaan tahun baru. (Suara.com/Yandhi)

Dia berpesan agar wisatawan mengutamakan keselamatan dan tertib saat berkendara, tidak memacu kendaraannya secara berlebihan dan lebih banyak bersabar. Karena saat libur tahun baru, kendaraan pasti akan lebih padat dibandingkan hari biasanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS