Dalgona Coffee Buatanmu Gagal? Ini 3 Kesalahan yang Mungkin Terjadi

Vania Rossa
Dalgona Coffee Buatanmu Gagal? Ini 3 Kesalahan yang Mungkin Terjadi
Mengocok Dalgona Coffee. (Shutterstock)

Kunci keberhasilan membuat dalgona coffee adalah teksturnya yang mengembang sempurna seperti foam.

Suara.com - Sejak viral dalgona coffee di media sosial, tak sedikit warganet yang memamerkan keberhasilan mereka membuat kopi bertekstur foam atau busa ini. Tapi, tak sedikit juga yang mengeluh gagal, karena dalgona coffee buatannya tak kunjung berbentuk busa meski sudah diaduk 400 kali seperti yang disarankan banyak orang.

Hasil eksperimen Suara.com, ternyata kunci keberhasilan membuat dalgona coffee bukanlah mengaduk 400 kali seperti yang banyak disarankan di berbagai resep. Hasil trial and error menunjukkan ada 3 kesalahan yang mungkin kamu lakukan, yang membuat dalgona coffee buatanmu gagal dan tak kunjung berbusa. Ini dia.

1. Mengaduk pakai sendok atau garpu

Memang, sih, ada yang bilang bahwa mengocok dalgona coffee juga bisa dilakukan pakai sendok atau garpu, asalkan dilakukan dengan gerakan seperti kita mengocok telur, dan dilakukan setidaknya 400 kali putaran. Tapi, lupakan saran itu!

Mengaduk 400 kali mungkin akan berhasil kalau kamu mengocoknya menggunakan whisk alias pengocok telur yang terbuat dari kawat. Tapi, untuk menjamin keberhasilan 100 persen, paling aman memang kamu mengocoknya pakai mixer. Tak sampai 3 menit, dijamin dalgona coffee kamu sudah mengembang dan membentuk foam.

2. Pakai kopi 3 in 1 atau kopi berampas

Sejak awal minuman ini viral, sudah dijelaskan bahwa resep dalgona coffee adalah menggunakan kopi instan yang mudah larut dalam air. Jadi, jangan coba-coba menggantinya dengan kopi berampas, ya.

Kamu juga tidak disarankan menggunakan kopi 3 in 1 yang sudah mengandung gula dan krim, karena ini akan merusak komposisi bahan pembuat dalgona coffee.

3. Perbandingan bahan tidak sesuai

Kunci sukses membuat dalgona coffee adalah perbandingan bahan kopi, gula, dan air harus 1 : 1 : 1. Kalau kamu menambahkan terlalu banyak air, dapat dipastikan dalgona coffee buatanmu akan encer dan tidak akan mengembang sempurna.
Tapi, buat kamu yang ingin menyesuaikan jumlah gulanya, entah mengurangi atau menambahnya, masih diperbolehkan. Tapi, tetap gunakan gula pasir ya, jangan gunakan gula cair kar

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS