Tips Masak Opor Pakai Ayam Kampung Tanpa Bau Amis

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Tips Masak Opor Pakai Ayam Kampung Tanpa Bau Amis
Ayam kampung. (Shutterstock)

Ayam kampung lebih disukai karena diyakini lebih sehat dibanding ayam negeri.

Suara.com - Apa menu lebaran favorit keluarga di rumah? Salah satunya, pasti opor ayam. Nah, banyak orang percaya bahwa masak opor ayam menggunakan ayam kampung lebih bernutrisi dibandingkan dengan ayam negeri. Pasalnya daging ayam kampung lebih banyak serat, karena ia mencari makan sendiri.

Jadi, tak heran kalau ayam kampung banyak digemari. Itu juga yang menyebabkan ayam kampung lebih mahal daripada ayam negeri pada umumnya.

Sayangnya, karena ayam kampung cenderung lebih bau amis dibanding ayam negeri, jadi perlu ada trik tersendiri untuk memasaknya.

Executive Chef Prasanthi Hotels and Resort Chef Bahran, mengingatkan untuk jangan lupa mencuci ayam dengan bersih dan dicampur garam

"Tips khusus untuk mengolah ayam kampung, pertama ayam kampung harus dicuci bersih dengan garam," jelas Chef Bahran dalam diskusi online beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, jika ingin lebih legit dan amis dari lemaknya hilang, bisa menggunakan kunyit bubuk saat mencucinya.

"Dicuci dengan kunyit bubuk untuk menghilangkan bau amis yang ada di daging ayam kampung," ungkapnya.

Proses selanjutnya, jangan lupa untuk direbus selama 5 menit, agar kotoran dan lemak-lemak yang menyebabkan bau amis hilang.

"Sebelum dimasak, daging ayam kampung wajib direbus selama 5 menit dulu, untuk menghilangkan darah dan kotoran yang menempel di daging ayam kampung. Setelah itu, silahkan mau di masak apa," tutupnya.

Bagaimana, sudah siap masak opor ayam untuk lebaran yang tinggal menghitung hari ini? Jangan lupa lakukan tips Chef Bahran di atas supaya ayam kampung tidak bau amis, ya!

Dari Redaksi:
Artikel ini tersaji di microsite khusus Ramadan Suara.com, yang selain memuat beragam konten menarik terkait Ramadhan 1441 H, kali ini juga menghadirkan beberapa fitur spesial. Ada fitur Kalkulator Zakat bagi yang butuh menghitung zakatnya, menu Tadarus lengkap dengan tulisan dan suara untuk yang ingin mengaji atau baca Al Quran online, dan tentu ada Jadwal Imsakiyah untuk yang ingin mengetahui waktu Imsak, berbuka, maupun waktu salat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS