Jangan Asal Beli, Ini Tips Memilih Gamis Anak

Vania Rossa
Jangan Asal Beli, Ini Tips Memilih Gamis Anak
Ilustrasi anak memakai gamis. (Shutterstock)

Pastikan gamis anak nyaman dikenakan, ya.

Suara.com - Berencana membeli gamis anak meskipun lebaran sudah lewat? Boleh-boleh saja. Gamis anak tak hanya bisa dikenakan saat lebaran saja. Si kecil bisa menggunakannya untuk mengaji, bepergian, atau ke acara lainnya.

Tapi ingat, jangan asal beli gamis anak, ya. Ada beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan sebelum membeli gamis anak. Simak tipsnya berikut ini.

1. Pilih bahan yang nyaman

Gamis anak sebaiknya terbuat dari bahan yang lembut, dingin, dan dapat menyerap keringat. Ini karena anak-anak umumnya lebih aktif, sehingga mereka cenderung lebih mudah berkeringat. Kalau bahan gamis yang digunakan terasa panas, tentu akan membuat anak tak nyaman.

Beberapa jenis kain yang cocok untuk gamis anak, misalnya kain poplin, linen, baby kanvas, viscose, shantung, dan katun. Hindari bahan brokat atau tile yang cenderung kaku dan bikin gerah, ya.

2. Sesuaikan motif dengan fungsi gamis

Motif gamis anak sangatlah beragam, mulai dari motif sederhana hingga motif karakter kesukaan anak yang penuh warna. Boleh saja membeli gamis dengan motif karakter anak yang berwarna-warni, tapi pastikan gamis tersebut digunakan untuk sehari-hari atau untuk menghadiri acara-acara non formal, ya.

Sedangkan untuk acara lain yang lebih resmi, belikan anak gamis yang bermotif lebih sederhana dan kalem, namun tak menghilangkan ciri kekanakannya.

3. Sesuaikan dengan karakter anak

Ada anak yang sangat aktif dan tidak bisa diam, sehingga ia memerlukan ruang gerak yang tak dibatasi oleh pakaian. Untuk anak seperti ini, pilihlah gamis berpotongan lebar yang tak akan menghambat gerakannya. Hindari juga memilih gamis yang memiliki banyak detil atau hiasan, karena bisa-bisa hilang atau terjatuh saat anak beraktivitas.

Sedangkan jika anak cenderung kalem, Anda bisa memilihkannya gamis berpotongan lurus ataupun gamis yang memiliki lebih banyak detil, misalnya pita.

4. Ukuran harus tepat

Pastikan ukuran gamis sesuai dengan tubuh anak, tidak kepanjangan ataupun kependekan. Gamis yang kepanjangan akan menyulitkan anak berjalan, dan berisiko membuatnya jatuh. Sedangkan gamis yang kependekan, meski masih bisa disiasati dengan memakai leging di baliknya, tentu tidak akan bagus dilihat.

Nah, itu dia 4 tips memilih gamis anak yang perlu Anda ketahui. Sudah siap belanja gamis anak, atau justru berencana tampil kembar dengan anak memakai gamis seragam? Apapun pilihan Anda, belanjanya di saja, ya. Ada banyak pilihan gamis anak dan gamis kembar untuk ibu dan anak yang bisa Anda pilih.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS