facebook

5 Tips agar Persahabatan Langgeng Seumur Hidup

Vania Rossa
5 Tips agar Persahabatan Langgeng Seumur Hidup
Ilustrasi persahabatan. [Shutterstock]

Sama halnya seperti pernikahan, persahabatan juga layak dijaga agar langgeng selamanya.

Suara.com - Ya, seperti halnya cinta, persahabatan juga butuh komitmen. Tapi, menjaga persahabatan agar langgeng seumur hidup memang tidak mudah.

Sebuah studi di Belanda tahun 2009 menemukan bahwa sebagian besar persahabatan hanya berlangsung sekitar tujuh tahun. Seperti halnya hubungan apapun, pertemanan hanya akan berhasil jika kedua belah pihak sama-sama menginginkannya.

Dan ketika usia persahabatanmu telah melampaui 10 tahun, kamu mungkin bisa menyimpulkan bahwa kamu dan sahabat akan menjadi teman selama sisa hidup kalian.

Lalu, bagaimana cara agar bisa mencapai friendship goal yang satu ini? Simak 5 tips berikut, seperti dilansir dari HelloGiggles.

Baca Juga: Usianya 14 Abad, Ini Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Masih Hidup di Yordania

1. Memiliki komunikasi terbuka

"Banyak faktor yang membuat persahabatan bisa langgeng seumur hidup, dan tidak ada dua persahabatan yang sama. Tetapi ada satu kunci yang dimiliki semua persahabatan, komunikasi terbuka," Lori Harder, penulis A Tribe Called Bliss dan pembawa acara dari podcast 'Earn Your Happy' kepada HelloGiggles.

Untuk menjalin persahabatan seumur hidup, kamu harus tahu bahwa kamu dan sahabat tidak akan menjadi orang yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dan, ingatlah bahwa kamu tidak akan memiliki hubungan yang sukses tanpa mengomunikasikan tentang kebutuhan, keinginan, dan harapan kamu. Kamu perlu membicarakan masalah dan saling memaafkan ketika terjadi kesalahpahaman.

2. Jangan saling menghakimi

Baca Juga: Ngabuburit di Rumah Aja, Ini Aktivitas Seru untuk Dilakukan Bareng Sahabat

“Perempuan ingin bersahabat tanpa penilaian ataupun penghakiman," demikian menurut konselor profesional berlisensi Deborah A. Olson, MA.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar