Jangan Buang Sisa Makanan, Ini Trik Mengolahnya jadi Makanan Lezat

Vania Rossa
Jangan Buang Sisa Makanan, Ini Trik Mengolahnya jadi Makanan Lezat
Mengolah Sisa Makanan. (Shutterstock)

Sisa makanan di kulkas bisa Anda olah kembali menjadi makanan lezat dan bergizi.

Suara.com - Ketika Anda membuka kulkas, apa saja yang ada di dalamnya? Mungkin sisa sayuran dua hari yang lalu, buah yang hampir kehitaman, dan beberapa sisa makanan lainnya. Jangan buru-buru membuangnya. Selama buah belum membusuk, roti tidak berjamur, dan sayur tidak basi, Anda masih bisa mengolahnya kembali menjadi sesuatu yang layak dimakan.

Menurut Departemen Pertanian AS, sekitar 30 sampai 40 persen pasokan makanan di AS terbuang setiap tahun. Ini tidak hanya membuang uang, tetapi juga sebuah tindakan yang sangat mubazir.

Dengan sedikit niat, Anda dapat menggunakan semua bahan yang Anda temukan di kulkas menjadi sesuatu yang layak dimakan, dengan tips dan trik terbaik berikut ini, seperti dilansir dari Huffpost.

Pilih Tema Makanan Tertentu

Ketika berbicara tentang memanfaatkan sisa makanan, Clare Langan, seorang ahli masakan rumahan yang merupakan produser pada acara masak Scraps, merekomendasikan untuk memilih satu tema makanan alih-alih mengikuti resep tertentu.

"Setiap minggu, atau beberapa kali seminggu, rencanakan tema makanan Anda selama beberapa hari ke depan berdasarkan apa yang Anda miliki di rumah," kata Langan.

"Tidak realistis untuk menganggap Anda memiliki segalanya di rumah untuk membuat satu resep tertentu. Saya sarankan memilih pendekatan yang lebih mudah: Senin Tanpa Daging, Selasa Taco, atau Minggu Pasta. Perencanaan yang baik akan membantu jika Anda mengalami kesulitan dalam memutuskan apa yang akan dibuat,” katanya.

Adam Stevenson, koki eksekutif Copperleaf Restaurant di Cedarbrook Lodge Seattle, menyebut tema taco sebagai cara yang bagus untuk memanfaatkan peluang 'membersihkan' kulkas Anda. "Ketika kita memiliki taco, kita menggunakan banyak sayuran yang berbeda sebagai topping, menjaganya tetap mentah untuk menjaga nutrisi dan tetap renyah," katanya.
“Sayuran yang kita bisa pakai adalah kangkung, kol, wortel, dan lobak. Ini, dicampurkan dengan cuka sari apel, minyak zaitun, dan lemon, akan menambahkan kerenyahan pada taco.”

Masukkan Sisa Makanan ke Dalam Menu Harian Anda

Ketika Stevenson di rumah, dia akan melihat sisa makanan apa yang dimilikinya. “Kami melihat ini sebagai peluang untuk membuat sesuatu yang hebat. Misalnya, dari sisa ayam panggang, kami akan membuat taco keesokan harinya. Atau pho. Itu sangat pas dipasangkan dengan sisa daging ayam panggang dari beberapa malam yang lalu,” katanya.

Langan juga suka memasak dengan kaldu atau kaldu sisa, terutama saat memasak biji-bijian seperti nasi atau quinoa, atau merebus kacang kering atau kacang kalengan. "Ini adalah trik yang bagus untuk membuat kacang kaleng terasa seperti baru dimasak," katanya.

Langan menyebut pizza, sup sayur, mangkuk biji-bijian, taco, frittatas, dan sandwich sebagai menu yang bisa memanfaatkan makanan sisa. Ia juga merekomendasikan Anda untuk menuliskan semua sisa makanan yang Anda punya di papan tulis.

Buat Frittata Sebelum Pergi ke Supermarket

Frittata adalah sejenis makanan Italia berbahan dasar telur yang mirip dengan telur dadar, namun diperkaya dengan bahan-bahan tambahan seperti daging, keju, atau sayuran. Langan menyarankan untuk membersihkan lemari es sebelum pergi ke supermarket, dan gunakan semua sisa makanan untuk membuat frittata.

Masak segala sayuran yang ada di kulkas Anda - bawang yang tinggal setengah, segenggam bayam layu, dan sekantung kacang polong beku. Tambahkan telur kocok, dan masak di dalam wajan. Tambahkan juga keju dan rempah-rempah. Anda akan mendapatkan frittata yang lezat dan bernutrisi. 

Jangan Buang Sisa Roti

Mungkin Anda tergoda untuk membuang potongan roti, apalagi jika sudah mendekati masa kedaluwarsa. Tapi, roti bisa dibekukan sampai Anda siap menggunakannya.

Langan memiliki beberapa tips hebat untuk ini. “Hidangan lain yang bisa dinikmati semua adalah panzanella, juga dikenal sebagai salad roti. Sobek-sobek roti menjadi potongan-potongan seukuran gigitan dan panggang dengan ringan di dalam oven. Aduk dengan saus favorit Anda, dan tambahkan apapun - sayuran, keju, rempah, atau protein atau kacang yang dimasak. Tomat, basil, dan mozzarella klasik, gunakan apa saja yang Anda miliki! Saya suka membuat versi dengan mentimun, adas, feta, dan bawang merah untuk salad roti khas Yunani," katanya.

Dia juga menyarankan untuk menghancurkan sisa roti menjadi remah-remah dan memanggangnya dalam wajan dengan minyak zaitun, bawang putih, dan rempah-rempah untuk membuat topping renyah untuk pasta, salad dan sup.

Berkreasilah dengan Buah

Beberapa jenis buah-buahan, seperti pisang dan beri, memiliki umur simpan pendek. Banyak resep kue vintage dibuat sebagai cara untuk menggunakan buah-buahan tersebut sebelum membusuk.

“Anda bisa memanaskan buah dengan sedikit pemanis seperti gula, madu, atau sirup maple di dalam panci sampai mengental menjadi es krim, kue, yogurt, atau oatmeal,” kata Langan.

Jika Anda membekukan buah untuk digunakan menjadi smoothie atau resep lain, Langan mengatakan untuk memotong buah menjadi potongan 5 cm, letakkan di atas kertas roti atau nampan berlapis kertas yang berlapis lilin, dan bekukan sampai padat. Kemudian pindahkan buah ke wadah kedap udara atau kantong seal.

"Membekukan buah dengan cara ini memungkinkannya menjadi seperti es batu kecil-kecil. Ini lebih baik daripada membekukannya sekaligus," katanya. Dia juga menyarankan untuk mengupas pisang terlebih dahulu, karena bisa sulit untuk menghilangkan kulit pisang setelah membeku.

Anda tidak boleh mengabaikan pematangan alpukat, kata Stevenson. "Ini berubah sangat cepat, terutama saat cuaca panas," katanya. "Masukkan alpukat ke dalam salad. Jika terlalu lunak, buat mayones atau saus hijau," katanya.

Mempelajari cara menggunakan semua sisa makanan di kulkas tak hanya akan menghemat uang, tetapi juga menghasilkan makanan yang tak kalah lezat dengan makanan yang baru dimasak.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS