Rahasia di Balik Desain Sepatu Ratu Elizabeth saat Penobatan 67 Tahun Lalu

Silfa Humairah Utami | Amertiya Saraswati
Rahasia di Balik Desain Sepatu Ratu Elizabeth saat Penobatan 67 Tahun Lalu
Ratu Elizabeth II. (Shutterstock)

Penampilan Ratu Elizabeth II saat dinobatkan menjadi ratu masih menarik perhatian hingga kini.

Suara.com - Tanggal 2 Juni kemarin diperingati sebagai hari penobatan Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth dinobatkan sebagai pemimpin kerajaan Inggris pada 2 Juni 1953. Meski 67 tahun telah berlalu, pakaian yang dikenakan Ratu Elizabeth saat itu masih menarik perhatian.

Salah satunya adalah sepatu yang digunakan oleh Ratu Elizabeth pada hari tersebut. Saat itu, Ratu Elizabeth tampil mengenakan sepatu hak tinggi warna emas dengan batu rubi.

Melansir laman People, sepatu Ratu Elizabeth tersebut dibuat oleh desainer Roger Vivier dari Prancis dan bekerja sama dengan pembuat sepatu Delman Ltd. asal Inggris.

Sepatu tersebut dibuat untuk melengkapi penampilan sang ratu yang kala itu memakai gaun satin putih buatan Norman Hartnell, jubah ungu dengan bulu cerpelai, serta tiga buah tiara.

Baca Juga: Hobi Ratu Elizabeth II Selama Lockdown Terungkap, Apa Itu?

Sepatu Roger Vivier yang mirip dengan sepatu Ratu Elizabeth II saat penobatan 67 tahun yang lalu. (Roger Vivier)
Sepatu Roger Vivier yang mirip dengan sepatu Ratu Elizabeth II saat penobatan 67 tahun yang lalu. (Roger Vivier)

Diketahui, sepatu Roger Vivier tersebut dibuat dengan menggunakan kulit warna emas. Sementara, bagian hak sepatu dilapisi batuan rubi.

Saat itu, desain sepatu sendiri sempat menjadi rahasia. Konon, sepatu tersebut terinspirasi dari bentuk jendela di Katedral Chartres di Prancis.

Pilihan Ratu Elizabeth untuk menggunakan sepatu buatan Prancis tersebut juga bukan tanpa alasan.

Baca Juga: Gemas, Ini Potret Ratu Elizabeth II Saat Masih Anak-anak

Hal tersebut diketahui merupakan bagian dari tradisi kerajaan Inggris. Sebelumnya, ibu Ratu Elizabeth juga menggunakan sepatu buatan Roger Vivier untuk penobatan Raja George tahun 1937.

Ditambah, Ratu Elizabeth juga memiliki desain rahasia agar sepatu tersebut tetap nyaman dipakai sepanjang upacara penobatan yang berlangsung 3 jam lamanya.

Diam-diam, ratu rupanya telah meminta desainer sepatu untuk memberikan bantalan tak kasat mata agar dirinya bisa berdiri dengan nyaman meski menggunakan hak.

Sepatu Ratu Elizabeth Saat Penobatan Dijual Kembali (instagram.com/rogervivier)
Sepatu Ratu Elizabeth Saat Penobatan Dijual Kembali (instagram.com/rogervivier)

Pada tahun 2020 ini, Roger Vivier dikabarkan kembali merilis sepatu penobatan Ratu Elizabeth yang diberi nama "Vivier Queen Sandal".

Bedanya, selain warna emas, sepatu hak tinggi ini juga tersedia dalam warna pink dan hitam. Sepatu tersebut dijual untuk umum dan dapat dikoleksi para penggemar Ratu Elizabeth.

Harga sepatu penobatan Ratu Elizabeth itu sendiri tergolong cukup mahal. Per pasangnya, Anda harus siap merogoh kocek sekitar USD 1.995 atau 28,3 juta rupiah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS