Ingin Rutin Bangun Pagi? Matikan Ponsel Saat Tidur di Malam Hari!

Vania Rossa | Frieda Isyana Putri
Ingin Rutin Bangun Pagi? Matikan Ponsel Saat Tidur di Malam Hari!
Ilustrasi bangun tidur. (Shutterstock)

Ini dia tips agar Anda bisa rutin bangun pagi setiap hari!

Suara.com - Sering begadang akan membuat Anda kesulitan untuk bangun pagi. Tak hanya itu, begadang bisa menyebabkan Anda kurang tidur, yang tentu berdampak buruk apabila Anda harus bekerja di pagi hari.

Namun menurut para ahli, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan agar Anda tetap bisa rutin bangun pagi.

Cara pertama adalah dengan membiarkan terpapar cahaya alami dari sinar matahari. Sinar matahari pagi memengaruhi ritme sirkadian tubuh kita.

"(Sinar matahari) lebih kuat dari melatonin atau obat-obatan apapun yang biasa Anda konsumsi," kata Dr. Nathaniel Watson, co-director di University of Washington Medicine Sleep Center, seperti dilansir dari BBC.

Ini berarti bukalah gorden Anda dan biarkan sinar matahari masuk saat Anda bangun tidur. Tak rumit, dan ini membantu Anda lebih mudah bangun tidur dan memiliki mood yang lebih baik di pagi hari.

Cara kedua adalah dengan mematikan seluruh gadget seperti ponsel, televisi, tablet, dan komputer sebelum tidur.

Dr. Watson menjelaskan apabila kita masih bermain gadget sebelum tidur, kita membanjiri otak kita dengan gelombang cahaya biru.

"Anda memberitahu tubuh Anda bahwa ini waktunya untuk bangun, dan itu bukanlah pesan yang seharusnya Anda kirim," jelasnya, seperti dikutip dari The List.

Matikan seluruh cahaya di dalam kamar setidaknya 30 menit sebelum Anda siap tertidur. Mungkin tidak mudah, namun cara ini membantu Anda lebih mudah tidur dan cepat mengantuk, yang tentunya penting apabila Anda ingin bangun pagi.

Yang terakhir, sangat penting bagi Anda untuk mencoba dan merutinkan jadwal tidur, dengan menargetkan jam tidur dan bangun pada saat yang sama setiap harinya.

Hal ini juga bisa menghindarkan Anda dari begadang. "Apabila Anda tidur terlambat di hari Minggu malam tapi harus bangun pagi di Senin, maka Anda bisa melihat dampak yang cukup negatif," pungkas Dr. Watson.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS