Disengat Ubur-Ubur, Wisatawan di Pantai Yogyakarta Gatal-gatal

M. Reza Sulaiman | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Disengat Ubur-Ubur, Wisatawan di Pantai Yogyakarta Gatal-gatal
Pantai Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. - (ANTARA/Heri Sidik)

Sengatan ubur-ubur menghantui wisatawan di pantai-pantai di Yogyakarta.

Suara.com - Sengatan ubur-ubur menghantui wisatawan di Pantai Kukup, Tanjungsari, Yogyakarta. Sedikitnya ada 40 wisatawan yang tersengat dan mengalami gatal-gatal.

Dilansir HarianJogja.com -- jaringan Suara.com, sejak dibuka pada Rabu (24/6/2020), kawasan pantai Baron dan Kukup ramai dikunjungi wisatawan meskipun saat ini masa new normal belum dimulai.

Menurut Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY Marjono, ancaman sengatan ubur-ubur, atau impes, masih sangat mungkin kembali terjadi karena hewan itu bisa menyerang pengunjung pantai kapan saja jika terusik.

"Harus tetap hati-hati," kata Marjono, Rabu (1/7/2020).

Marjono mengatakan, serangan ubur-ubur lumrah terjadi setiap tahun. Saat ini, kata dia, diprediksi hewan ini masih akan berada di sekitar pantai hingga Agustus mendatang.

Meski demikian, lanjut dia, keberadaannya juga bergantung dengan cuaca. Apabila kondisi laut sudah tidak dingin, maka kawanan ubur-ubur akan menghilang dari pantai.

"Ini musiman, tapi pengunjung harus tetap waspada terhadap sengatannya," ujarnya.

Marjono mengungkapkan, sejak uji coba pembukaan pantai pada Rabu (24/6/2020) hingga sekarang, sudah ada ratusan pengunjung yang tersengat.

Ubur-Ubur terlihat di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta, Rabu (9/10). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Ilustrasi ubur-ubur. [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Sementara itu, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II DIY Surisdiyanto menambahkan, efek dari serangan ubur-ubur bervariasi dan sangat bergantung dengan kondisi tubuh korban. Umumnya, sengatan menyebabkan gatal-gatal atau luka seperti terbakar di area yang tersengat. Namun di kasus tertentu, ada yang sampai sesak napas hingga pingsan.

"Sempat ada dua korban yang dibawa ke puskesmas karena mengalami sesak napas setelah disengat ubur-ubur, tapi secara umum korban dapat terselamatkan," ucap Suris.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS