alexametrics

Masih Bingung Memilih Pelembap untuk Kulit Berjerawat? Ini Kata Ahli

Rima Sekarani Imamun Nissa
Masih Bingung Memilih Pelembap untuk Kulit Berjerawat? Ini Kata Ahli
Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)

Memilih produk pelembap yang tepat untuk kulit berjerawat memang butuh perhatian khusus.

Suara.com - Bicara soal masalah kulit berjerawat, tentu saja kita tidak bisa sembarangan memilih produk perawatan kecantikan. Hal itupun berlaku saat ingin membeli pelembap dan tabir surya.

Melansir Bustle, para ahli dermatologi setuju bahwa penting bagi pemilik kulit berjerawat untuk menemukan produk pelembap yang tepat. Begitu pula terkait perlindungan kulit dari efek buruk paparan sinar matahari.

Selama ini, orang-orang mungkin telah mencoba beragam produk pembersih, toner, dan serum untuk mengobati jerawat. Jika tidak dibarengi dengan pelembap yang menenangkan dan melembapkan, kulit bisa saja malah menjadi kering dan lebih mudah mengalami iritasi.

Konsultan Dermatolog yang berbasis di London, Dr. Justine Hextall mengatakan, dibutuhkan perhatian khusus untuk menentukan rutinitas perawatan kulit yang lembut tapi tetap efektif mengatasi jerawat. Menurutnya, menggunakan pelembap adalah langkah yang sangat penting.

Baca Juga: Jangan Jorok, 11 Kebiasaan Menjaga Kebersihan Ini Bikin Kulit Lebih Cerah

Masih Bingung Memilih Pelembap untuk Kulit Berjerawat? Ini Kata Ahli - 1
Ilustrasi perawatan wajah dengan menggunakan pelembap. (Shutterstock)

Kebanyakan orang mungkin masih sengaja menghindari pelembap karena tidak ingin wajah terlihat semakin berminyak. Pasalnya, wajah berminyak sering dikaitkan dengan masalah jerawat. Namun, kuncinya adalah berupaya memilih produk yang tepat.

"Jika Anda memiliki jerawat, Anda mencari pelembap yang bisa menenangkan dan melembabkan kulit tanpa menjadi komedogenik," kata Dr Hextall. "Jerawat adalah kondisi kulit yang meradang, seringkali terasa sakit dan teriritasi, penting untuk mencoba dan menenangkan peradangan ini."

Dia merekomendasikan untuk menghindari minyak kelapa dan pelembap berbasis petroleum. Selain itu, ada beberapa bahan utama yang perlu diperhatikan saat memilih pelembap untuk kulit berjerawat, antara lain:

  • Niacinamide, berasal dari vitamin B3 dan membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat
  • Gliserin yang membantu menenangkan dan melembabkan kulit
  • Asam hialuronat, yakni humektan yang menarik air ke lapisan atas kulit
  • Ceramides yang membantu menjaga tidak kehilangan banyak air sehingga tidak dehidrasi
  • SPF untuk melindungi kulis dari UVA & UVB. Sebab, bahan aktif dalam serum perawatan jerawat yang kamu gunakan mungkin membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.
Perempuan menggunakan sunscreen. (Shutterstock)
Perempuan menggunakan sunscreen. (Shutterstock)

Penggunaan tabir surya juga tak boleh diabaikan begitu saja. Perlindungan terhadap sinar matahari adalah hal wajib, baik bagi kulit berjerawat maupun tidak. Hindari bahan-bahan seperti retinol karena akan membuat kulit lebih rentan terhadap pigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari.

"Saya selalu merekomendasikan untuk menggunakan pelembab terlebih dahulu, biarkan meresap dan kemudian menerapkan SPF tinggi yang efektif," kata Dr. Hextall.

Baca Juga: Perawatan Kulit dengan Kentang, Hilangkan Mata Panda dan Bikin Kulit Halus