Banyak Ditemukan di Skincare Korea, Ini Manfaat Centella Asiatica

Silfa Humairah Utami | Amertiya Saraswati
Banyak Ditemukan di Skincare Korea, Ini Manfaat Centella Asiatica
Ilustrasi perawatan kulit wajah. (Shutterstock)

Centella asiatica atau daun pegagan punya banyak manfaat positif untuk kulit.

Suara.com - Aneka macam produk skincare Korea kini makin mudah ditemukan dan digemari banyak orang. Jika diperhatikan baik-baik, kebanyakan produk skincare Korea saat ini mengandung bahan centella asiatica.

Centella asiatica atau yang kerap disebut cica kini tengah menjadi tren dalam industri perawatan kecantikan. Bukan tanpa alasan, bahan ini ternyata punya manfaat baik bagi kulit.

Centella asiatica sendiri adalah nama ilmiah dari tanaman Indian Pennywort atau yang dikenal dengan daun pegagan di Indonesia.

Tanaman ini juga dikenal dengan nama tiger grass, dikarenakan harimau kerap menggunakan tanaman ini untuk menyembuhkan kulit mereka yang terluka.

Baca Juga: Takutnya Martha Tilaar Soal Perawatan untuk Jadi Cantik Secara Instan, Suntik Putih Nggak Boleh?

Melansir dari laman Allure, centella asiatica sebenarnya bukan bahan baru. Sejak berabad-abad silam, tanaman ini sudah dipakai untuk menyembuhkan luka.

Centella Asiatica. (Pixabay)
Centella Asiatica. (Pixabay)

"Cica (centella asiatica) dipercaya dapat menenangkan dan memperbaiki kulit yang teriritasi," ungkap dermatologis Ellen Marmur.

Bahan ini cocok digunakan di jenis kulit apa pun, terutama kulit sensitif. Selain itu, centtela asiatica dapat membantu mengatasi jerawat.

Centella asiatica juga mengandung asam amino, beta karoten, asam lemak, phytochemical, dan vitamin C, A, B1, serta B2.

Kandungan ini dapat membantu menstimulasi produksi kolagen serta mengatasi pembengkakan pada kulit.

Baca Juga: Vega Darwanti Rutin Lakukan Perawatan Wajah Agar Uang Bulanan Terus Ditambah Suami

"Jadi, jika kau mencari cara untuk mengencangkan, memperbaiki, atau melembutkan kulit, bahan ini bisa berguna," tambah CEO Peach & Lily, Alicia Yoon.