Dilarang Saling Pinjam Makeup, Ini Bahaya yang Bisa Terjadi

Vania Rossa
Dilarang Saling Pinjam Makeup, Ini Bahaya yang Bisa Terjadi
Ilustrasi Saling Pinjam Makeup. (Shutterstock)

Buat kamu yang suka pinjam kosmetik ibu/kakak/adik/teman, pikir dua kali sebelum melakukannya.

Suara.com - Saling pinjam makeup adalah hal yang lumrah di kalangan perempuan, entah dengan ibu, kakak atau adik, bahkan teman. Dan salah satu makeup yang paling sering dipakai bersama adalah lipstik.

Meski lumrah, ada baiknya kamu mulai tinggalkan kebiasaan tersebut sekarang. Hal ini karena saling pinjam makeup dapat menularkan beragam penyakit dan meningkatkan risiko terpapar virus dari orang lain.

Lalu, apa saja bahaya yang bisa terjadi akibat kebiasaan saling pinjam makeup ini? Simak penjelasannya seperti dikutip dari buku Beautyclopedia: 110 Rahasia Cantik Alami yang ditulis oleh Go Dok berikut ini.

1. Peradangan selaput mata

Saling meminjam makeup mata, seperti maskara, eyeshadow, dan eyeliner dapat mengakibatkan infeksi atau peradangan pada selaput mata.

Bakteri dapat dengan mudah menempel pada, kuas eyeshadow, ataupun ukung pensil eyeliner.

2. Tertular herpes

Perempuan sangat suka gonta-ganti warna lipstik. Tak heran, begitu ada teman yang punya lipstik warna baru, kita cenderung tergoda ingin ikut mencobanya.

Padahal, tanpa disadari, kebiasaan ini tak baik dan dapat berakibat buruk bagi kesehatan bibir. Menurut ahli dermatologi Larry Beatty, jika kebiasaan ini terus dilakukan, dapat membuatmu tertular virus herpes simplex tipe 1.

3. Infeksi kulit

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS