Jadi Tumpuan Ekonomi, 12 Tempat Pariwisata di Badung Bali Sudah Buka

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Jadi Tumpuan Ekonomi, 12 Tempat Pariwisata di Badung Bali Sudah Buka
Pengunjung menyaksikan atlet Paralayang beraksi saat pemecahan rekor muri di Kawasan Wisata Payung, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (16/10). Atlet Paralayang berhasil memecahkan rekor muri dengan 110 atlet terbang di atas awan sebagai rangkaian dari kegiat

Bali perlahan kembali membuka tempat wisatanya. Salah satunya di Kabupaten Badung.

Suara.com - Siapa yang tak rindu Bali? Pulau Dewata yang kaya akan tempat berlibur itu mendadak kesepian dari wisatawan akibat pandemi Covid-19.

Namun, setelah adaptasi kebiasaan baru ditetapkan pemerintah, Bali perlahan kembali membuka tempat wisatanya. Salah satunya di Kabupaten Badung.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung Cok Raka Darmawan mengatakan, sektor wisata menjadi tumpuan ekonomi karena paling banyak menyumbang pendapatan daerah.

"Sebanyak 80 persen pendapatan daerah kami dapatkan dari sektor pariwisata," kata Raka dalam webinar Voxpp Shout! 'Lebih Jauh Kampanye Indonesia Care dan Panduan Protokol Kesehatan Untuk Daya Tarik Wisata', Jumat (4/9/2020).

Baca Juga: Resep Lawar Ayam Khas Bali, Tetap Nikmat Tanpa Bahan Tambahan Ini

Karena itu, ia menyampaikan bahwa sektor pariwisata di Kabupaten Badung sudah diterapkan protokol kesehatan agar aman bagi pengunjung dari paparan virus corona. Menurutnya, lokasi wisata yang taat dengan protokol kesehatan ditandai dengan verifikasi yang diberikan pemerintah daerah.

"Jadi harus dilakukan verifikasi untuk meyakini bahwa mereka sudah memenuhi semua standar protokol kesehatan yang diwajibkan," kata Raka.

Ia menyampaikan, hingga kini sudah ada 12 tempat wisata di Kabupaten Badung yang menerima sertifikasi kelayakan kunjungan. Proses verifikasi hingga sertifikasi berjalan sejak Juni 2020.

"Melalui SK Gubernur, Bali telah membuka sektor wisata khusus warga Bali sejak Juni 2020. Kemudian pada Juli 2020 dibuka untuk wisatawan domestik. Rencananya, wisatawan mancanegara akan dibuka pada Agustus lalu, tapi masih ada pertimbangan dari Pemerintah Pusat. Sehingga diundur," tuturnya.

Ada pun nama-nama lokasi wisata yang terverifikasi di Kabupaten Badung, Bali, di antaranya, Pantai Pandawa, Pura Taman Ayun, Quad Adventure Pertiwi, Alas Pala Sangeh, True Bali Experience, WaterBlow BTC Nusa Dua, Pantai Kuta, Pod Chocolate Factory, Uluwatu, Garuda Wisnu Kencana, Alam Tirta Outbond, dan Beachwalk Mall.

Baca Juga: Melukat Izin Tinggal di Bali, Aura Jessica Iskandar Jadi Sorotan Netizen

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS