Pakai Skincare Bikin Ketergantungan? Begini Kata Dokter

Vania Rossa | Lilis Varwati
Pakai Skincare Bikin Ketergantungan? Begini Kata Dokter
Ilustrasi pakai skincare. (Shutterstock)

Beberapa orang merasa kulitnya akan menjadi bermasalah jika meninggalkan pemakaian skincare tertentu.

Suara.com - Produk perawatan wajah atau skincare sudah jadi bagian penting dalam keseharian perempuan merawat kulit. Rasanya, seperti ada yang kurang kalau meninggalkan tahapan yang satu ini. Bahkan, tak sedikit yang merasa kulitnya akan bermasalah kalau melupakan skincare tertentu. Apakah ini yang disebut skincare bikin ketergantungan?

Dokter spesialis kulit dr. Erlina Pricila Sitorus Sp.DV menegaskan bahwa skincare tidak akan membuat ketergantungan.

"Nggak ada namanya ketergantungan, justru namanya merawat gitu, harus rutin, komitmen," kata Erlina dalam siaran langsung Instagram Perdoski, Rabu (9/9/2020).

Ia menjelaskan bahwa kulit juga bagian organ tubuh yang memerlukan nutrisi dari darah. Sementara kualitas nutrisi itu ditentukan dari makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga: Punya Kulit Sensitif, Ini Tips Memilih Produk Perawatan Bayi yang Aman

Selain dipengaruhi nutrisi, kulit juga memerlukan perawatan dari luar untuk membersihkan kotoran atau debu hingga mengangkat sel kulit mati. Soalnya, debu dan sel kulit mati yang didiamkan bisa menyebabkan penuaan dini.

"Sehingga kalau lakukan perawatan akan ada target. Dalam arti, kita menjaga kulit agar lebih terlihat baik dengan menggunakan skincare," ucapnya.

Ia mengatakan bahwa kulit akan selalu beregenerai dengan memunculkan sel kulit baru. Kulit baru itu juga akan memerlukan perawatan agar kondisinya tetap sehat.

"Namanya kulit akan muncul sel kulit baru. Tentunya kalau nggak dipakaikan skincare akan ada perubahan," kata Erlina. Jadi, bukan karena skincare bikin ketergantungan, ya.

Baca Juga: Apa Itu Hyaluronic Acid, Pelembap Alami yang Diproduksi Oleh Tubuh?

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS